Suara Aneh Langit Pantura, TNI AU: Bukan Pesawat Antonov, Lalu Suara Apa?

274
0

Suara misterius yang terdengar di Pekalongan dini hari tadi ternyata juga didengar warga di Kota dan Kabupaten Semarang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun radarcirebon.com, suara misterius juga terdengar  warga di kawasan Pantura,  Tegal, Brebes, Pemalang, Cirebon, hingga Kabupaten Batang, dibuat heboh oleh suara menderu dari langit, Jumat (14/12/2018) dini hari.

Suara aneh dari langit yang mirip dengungan pesawat tersebut terdengar oleh warga di daerah-daerah tersebut pada Jumat dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

Dilihat radarcirebon.com di situs Flight Radar 24, pada pukul 05.40 UTC atau 00.40 WIB, pesawat Antonov An-12BP dengan nomor registrasi UR-CGW melintas di langit Purwakarta, Jawa Barat, pada ketinggian 15.350 kaki. Pesawat terdeteksi hingga sekitar langit Subang pada empat menit kemudian.

Anehnya, pada situs tersebut, terlihat garis putus-putus saat pesawat diduga melintas di langit Subang hingga Kendal, Jawa Tengah. Pesawat kembali terdeteksi di Kendal dengan ketinggian terbang 23.000 kaki pada pukul 06.14 UTC atau 01.14 WIB.

Namun, baik pernyataan BMKG maupun AirNav tersebut, hingga berita ini diturunkan, masih berupa dugaan.

Berdasarkan data penerbangan di Flight Radar 24, pada waktu yang bersamaan dengan munculnya suara di langit Pantura, melintas pula pesawat buatan Rusia, Antonov An-12BP, dengan nomor penerbangan UKL4082. Tidak diketahui dari mana dan kemana tujuan pesawat ini.

Namun, TNI Angkatan Udara lewat cuitan di akun Twitter resmi mereka, @_TNIAU, menegaskan bahwa suara misterius itu bukan suara pesawat Antonov.

“Nope, pesawat AN-12 milik Ukraina tsb selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 ft, dan ukurannya relatif tidak jauh berbeda dg pswt C-130 Hercules. Secara teori fisika tdk akan mengeluarkan bunyi seperti yg sedang viral 😊💂‍♀️,” tulis @_TNIAU.

Lalu, suara apa yang mendengung di langit itu?

Penjelasan NASA

Suara mendengung, mengaum, terdengar seperti suara terompet dari langit, seperti yang terjadi di Pantura, bukanlah yang pertama.

Bunyi misterius ini terekam di banyak kesempatan di berbagai belahan dunia.

Misalnya saja di Filipina, yang terjadi di kota Suralla, pada 13 November lalu.

Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang kemudian mengaitkan suara dari langit tersebut dengan kiamat atau suara pesawat alien (UFO).

Namun, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menegaskan suara ‘misterius’ dari berbagai belahan dunia itu “tidak berasal dari pesawat makhluk asing”.

NASA mengungkapkan bahwa suara yang banyak diperbincangkan itu adalah “suara latar bumi, yang terjadi secara alami”.

Seorang juru bicara NASA menjelaskan: “Jika manusia punya antena radio di tubuhnya, maka kita akan mendengar berbagai suara aneh, berbagai simfoni, yang keluar dari planet kita ini.”

Menurut NASA, “Suara itu mungkin terdengar seperti suara latar film-film fiksi ilmiah, tapi suara yang didengarkan banyak orang tersebut, bukanlah fiksi ilmiah.”

Lebih jauh lagi, fenomena suara latar bumi ini diungkapkan NASA, terjadi terus menerus. Namun, karena keterbatasan kemampuan pendengaran manusia, kita tidak bisa mendengarnya, kecuali jika volumenya sedang tinggi-tingginya.

Itulah penjelasan NASA terkait ‘suara misterius’ dari langit yang muncul di berbagai tempat di bumi.

Kalau didengarkan, rekaman suara misterius di langit Pantura mirip dengan rekaman-rekaman di berbagai lokasi di atas. Sekarang, kita tunggu penjelasan resmi dari Indonesia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.