Suara Pileg Tak Ada Rekap Sementara, Tiga Partai Optimis Tambah Kursi di DPRD

1787

SINGAPARNA – Hasil raihan suara partai politik pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 masih dalam penghitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin SP mengatakan proses penghitungan Pemilu 2019 sedang dilakukan. Sampai pukul 20.30, suara masuk untuk pilpres mencapai 30 persen. Penghitungan pun sudah dilakukan untuk DPR RI dan DPD RI. “Sedangkan untuk penghitungan DPRD Kabupaten Tasikmalaya belum dilaksanakan, paling pukul 23.00,” katanya.

Lanjut dia, untuk raihan suara partai di pileg tidak ada rekap sementara, kecuali untuk pemilihan presiden. “Jadi untuk pileg hasilnya langsung ketika sudah selesai secara resmi. Nanti kita akan menerima kiriman C1 dari kecamatan yang dilanjutkan proses untuk mengetahui hasilnya,” terangnya.

Walaupun demikian, beberapa partai di Kabupaten Tasikmalaya sudah mengklaim ada peningkatan suara atau raihan kursi di DPRD. Seperti yang dikatakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya, H Demi Hamzah Rahadian SH MH.

Demi mengaku optimis raihan kursi di Pileg 2019 ini mengalami peningkatan. Mengingat ada basis-basis baru seperti di wilayah Tasik Selatan yang meliputi Ke­camatan Ci­patujah, Culamega dan Parung­ponteng. Se­dangkan untuk dae­rah pemilihan (dapil) 1 suara tumbuh di Kecamatan Cigalontang. Dapil 2 pun cukup mengalami peningkatan di Kecamatan Padakembang, Sukaratu dan Sukahening. “Maka dari itu, optimis raihan tahun ini kita berada di 12 kursi dari sebelumnya delapan,” katanya.

Terpisah, Ketua DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya, H Cecep Nurul Yakin SPd MAp mengatakan informasi yang masuk dari kader, simpatisan, pendukung hingga saksi ada kabar baik dan rasa optimisme untuk meraih hasil maksimal di Pileg 2019. “Kami tetap optimis PPP menjadi pemenang di Kabupaten Tasikmalaya,” ungkapnya.

Cecep pun optimis penambahan suara di DPRD bisa bertambah dari sembilan menjadi 12 kursi. “Tentu ikhtiar dan pelaksanaan pencoblosan sudah dilakukan, tetap Allah yang menentukan,” ujarnya.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya, R Toni Hanip menjelaskan informasi yang diterima dari saksi dan kader soal raihan pileg cukup optimis bisa menambah dua kursi di DPRD. “Sekarang kita punya tujuh kursi, ya minimal sekarang naik delapan kursi dan maksimal di angka sembilan kursi,” ungkapnya.

Terpisah, pengamat politik, sosial dan pemerintahan Tasikmalaya Asep M Tamam mengungkapkan untuk partai-partai besar sudah punya pengalaman dalam mempertahankan raihan suaranya. Termasuk berpotensi dalam menambah kursi di DPRD Kabupaten Tasikmalaya. “Mereka berpengalaman membaca psikologis dan karakter masyarakat atau pemilih Kabupaten Tasikmalaya. Mereka sudah tahu geopolitik masyarakat,” katanya. (dik)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.