Subarna Dinilai Paling Layak diusung Menjadi Cabup

194
0
Loading...

SINGAPARNA – Pengamat politik sosial dan pemerintahan Tasikmalaya Asep M Tamam mengatakan, Anggota DPR RI H Subarna paling layak untuk diusung menjadi calon bupati (cabup) di Pilkada 2020 dari Partai Gerindra.

“Menurut saya H Subarna adalah nama kandidat calon bupati Tasikmalaya dari Gerindra yang paling mumpuni maju di Pilkada 2020,” ujarnya saat dihubungi Radar, Senin (8/7).

Kata dia, dari tiga nama yang disiapkan Gerindra seperti H Subarna, H Cecep Ruchimat (HCR) dan Viman Alfarizi, semuanya memiliki kelebihan dan kapasitas untuk tampil pada pesta demokrasi lima tahunan ini. Namun, kalau melihat dari sisi pengalaman yang lebih pantas diusung adalah H Subarna. Dia tampil sebagai anggota DPR RI dua periode.

“Subarna juga lebih tahu soal Kabupaten Tasikmalaya. Apalagi basis massanya di Tasik Selatan dan juga pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, sehingga sudah memahami soal kultur Tasik,” katanya, menjelaskan.

Lanjut dia, bicara H Cecep Ruchimat juga merupakan figur yang bisa menjadi alternatif. Karena dia merupakan ketua DPC dan Fraksi Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya. Kemudian sudah berpengalaman sebagai politisi dan dua periode di DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Namun, dari sisi akses ke pengurus pusat masih kalah oleh H Subarna dan Viman.

Sedangkan untuk Viman, kata dia, memiliki akses yang lebih baik ke tataran pengurus pusat. Namun, kelemahannya dia belum memiliki modal sosial di Kabupaten Tasikmalaya. “Ya sebetulnya, tiga-tiganya memungkinkan untuk maju atau dimajukan oleh Gerindra, layak lah. Karena memang syarat untuk menjadi pemimpin itu memiliki modal sosial, intelektual dan finansial,” katanya.

Lanjut dia, ketiga figur ini akan sangat berpeluang untuk tampil di Pilkada 2020. Mengingat peta politik hari ini belum terlihat figur atau kandidat yang akan maju di pilkada memiliki popularitas dan elektabilitas yang kuat. Sehingga peluang semua kandidat yang akan maju sama.

Loading...

Saat dikonfirmasi salah satu kandidat calon bupati Tasikmalaya dari Partai Gerindra H Subarna melalui sambungan teleponnya enggan memberikan komentar. “Enggak ah,” katanya, singkat. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.