Gambaran Jalan Jayapura Cigalontang Sudah Rusak, Amblas dan Minim Penerangan

470
0
AMBLAS. Jalan Desa Jayapura, Kecamatan Cigalontang amblas akibat longsor dan minim penerangan, Minggu (3/3). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

CIGALONTANG – Rusak, amblas dan tak ada penerangan. Itu yang tergambar di Jalan Desa Jayapura Kecamatan Cigalontang. Kondisi ini dikeluhkan para pengendara dan masyarakat setempat, Minggu (3/3).

Hermawan (37), pengendara sepeda motor mengatakan, yang amblas hampir sepertiga badan jalan. Dampaknya cukup mengganggu aktivitas masyarakat, walaupun belum ada yang mengalami kecelakaan. “Tapi, sekarang jalannya jadi sempit. Pengendara harus berhati-hati, apabila ada sepeda motor dari arah berlawanan dan melewati tepat di bagian yang amblas,” paparnya kepada Radar, kemarin.

Dia mengaku khawatir apabila jalan tersebut dibiarkan seperti ini, karena bisa membahayakan masyarakat. Selain amblas, kondisi jalan ini juga rusak dan banyak genangan air ketika hujan. Apalagi, ketika malam tidak ada penerangan sama sekali, sehingga semakin membahayakan. “Yang paling dikhawatirkan ini malam hari, karena tidak ada penerangan. Khawatir ada pengendara yang terperosok ke bagian jalan yang amblas,” terangnya.

Kata dia, kondisi jalan amblas karena longsor ini sudah lama, lebih dari setahun. Namun, sampai saat ini belum kunjung diperbaiki. “Saya berharap segera dilakukan perbaikan, karena akan membahayakan,” bebernya.

Farhan (32), pengendara lainnya meminta pemerintah daerah segera bertindak untuk memperbaiki jalan ini. Mengingat, aktivitas warga cukup padat dan menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Cigalontang. “Jangan sampai setelah jatuh korban baru bertindak. Ini harus diantisipasi sejak dini,” bebernya.

Yadi (29), warga setempat meminta selain perbaikan jalan, dilakukan juga pemasangan penerangan jalan umum. Mengingat, saat ini kondisinya tidak ada penerangan sama sekali dan membahayakan dengan kondisi seperti ini.

“Kalau warga sini mungkin sudah mengetahui kondisi jalan dengan tidak ada penerangan. Tapi, dikhawatirkan adalah pengendara yang baru melewati jalan ini, takut terperosok karena gelap sekali,” paparnya.

Terpisah, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Cigalontang, Sahrul Mubarok mengatakan, memang beberapa ruas jalan di Cigalontang minim penerangan. Padahal, rawan kecelakaan dan aksi pencurian dengan kekerasan. “Kalau sudah malam, warga takut melewati jalan tersebut. Selain gelap, sekarang kondisinya amblas dan rusak,” keluhnya.

Maka dari itu, pihaknya berharap pemerintah daerah memperhatikan infrastruktur di Kecamatan Cigalontang. Terutama, untuk pengadaan penerangan jalan yang saat ini masih minim.(obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.