Sudah Saatnya BI Turunkan Suku Bunga

49
0

JAKARTA – Bank sentral Amerika Serikat (AS) The Fed memberikan sinyal akan menurunkan suku bunganya. Semua negara, termasuk Indonesia sudah saatnya segera menurunkan suku bunga acuannya.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, sudah saatnya Bank Indonesia (BI), juga segera menurunkan suku bunga.

Menurut Wimboh, kebijakan diambil dengan cepat terkait penurunan suku bunga akan lebih baik ketimbang menunggu terlalu lama.

“Indonesia sudah waktunya juga. Sudah waktunya me­nurunkan suku bunga. Mestinya lebih cepat lebih bagus,” ujar Wimboh di Jakarta Rabu (12/6).

Lanjut Wimboh, penurunan suku bunga dengan cepat juga berdampak pada kegairahan dunia usaha dan investasi sehingga pertumbuhan perekonomian Indonesia pun akan menjadi semakin baik.

“Penurunan suku bunga itu memberikan optimisme untuk pergerakan dunia usaha meskipun ada potensi penurunan ekonomi dunia,” ucap Wimboh.

“Sehingga paling tidak sekarang seluruh dunia mengeksplorasi untuk pertumbuhan domestiknya. Apalagi Indonesia memang lebih banyak didorong dari domestic demand,” tambah dia. Penurunan suku bunga juga bisa memberikan ruang bagi pengusaha dalam negeri bisa berkompetisi di internasional untuk memproduksi barang ekspor dengan biaya yang lebih murah.

“Di samping itu potensi dalam negeri kita banyak yg bisa kita eksplorasi. Mulai ekspor ikan, pariwisata, manufacturing, mining juga harus memberikan nilai tambah. Banyak potensinya,” ujar dia. (din/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.