Sudah Tak Masalah, Karyawan Jadi THL

50
PASAR INDUK. Suasana di Pasar Induk Cikurubuk, Selasa (19/2). Ke depan, pasar tersebut akan dikelola oleh UPTD Pasar setelah PD Pasar Resik bubar.Firgiawan / Radar Tasikmalaya

CIHIDEUNG – Karyawan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Resik mulai menyadari kebijakan Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman tentang pengangkatan tenaga harian lepas (THL) merupakan solusi yang menguntungkan. Makanya, mereka senang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pembubaran PD Pasar Resik akan disahkan menjadi peraturan daerah (perda) pada Jumat (22/2).

“Ya kalau sudah ada kejelasan syukur. Kita tidak diombang-ambing lagi,” ujar perwakilan karyawan PD Pasar Resik Ajang Nursodik kepada Radar, Selasa (19/2).

Menurut Ajang, para karyawan kini sudah mendapat kepastian nasib ke depannya akan menjadi THL di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelola Pasar di bawah Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUMKM-Perindag). “Sudah jelas terjawab. Namun, nanti mekanisme penggajiannya seperti apa? Dihitung per hari sesuai namanya tenaga harian lepas atau gaji per bulan. Teman-teman masih penasaran berkaitan itu,” ucapnya.

Dia berharap setelah menjadi THL, juga bisa berpeluang menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (P3K). “Tentu akan lebih baik bagi kami, dibanding menjadi karyawan yang kadang gaji saja terlambat,” ujar dia.

Salah seorang pedagang Pasar Induk Cikurubuk Nani N (43) mengapresiasi langkah pemkot yang turun langsung mengurus masalah pasar rakyat. “Semoga dikelola langsung pemerintah bisa lebih baik. Terus terang kita jualan ingin lebih aman dan nyaman,” tuturnya.

Pedagang lainnya Hj Imah Halimah (43) menuturkan hal serupa. Masifnya perkembangan industri pasar dan toko modern, dikhawatirkan bisa menggerus pembeli untuk datang ke pasar tradisional. Dia berharap dengan ditangani pemkot, perkembangan pasar tradisional bisa semakin baik. “Memang ada pangsa pasar masing-masing, tetapi kalau wajah pasar tradisional tetap tradisional lama-lama khawatir tergerus juga. Kita ingin pasar semakin bersih dan nyaman baik bagi pengunjung mau pun pedagang,” kata dia. (igi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.