Suhu Tubuh ASN di Ciamis Diperiksa

147
0
PERIKSA SUHU TUBUH. Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis memeriksa aparatur sipil negara (ASN) yang akan rapat di Pemkab Ciamis Rabu (18/3). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis, melalui Dinas Kesehatan, memeriksa suhu tubuh aparatur sipil negara (ASN) saat akan masuk kerja. Rabu (18/3) sebanyak 100 ASN yang akan mengikuti rapat menjalani pemeriksaan suhu tubuh.

Hasilnya rata-rata suhu tubuh mereka 36 derajat celcius. Mereka pun bisa mengikuti rapat di Pemkab Ciamis.

Baca juga : Dampak Penutupan Objek Wisata di Ciamis Mulai Terasa

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM menjelaskan pemeriksaan suhu tubuh ASN merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah mencegah penyebaran virus corona atau Covid 19 di Ciamis.

Bupati juga mengajak ASN untuk mencuci tangan saat akan dan sesudah melakukan kegiatan. “Tentunya ini diterapkan di semua SKPD tentunya sehingga memberikan rasa aman dan nyaman. Artinya semuanya kita jalankan prosedur,” ujarnya kemarin.

Pihaknya juga menginstruksikan kepada kepala desa, RT dan RW serta warga di daerahnya untuk menginventarisasi setiap tamu yang datang dan warga yang baru pulang dari luar kota. Bila ditemukan ada warga dengan gejala corona, kata Bupati, sebaiknya dilaporkan ke pemerintah supaya segera dilakukan tindakan.

“Intinya kami imbau masyarakat untuk PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat, Red) serta selalu berperan aktif semua aparat untuk memonitor,” jelasnya.

Kepala Bagian Humas Setda Ciamis Ani Supiani menambahkan pengecekan suhu tubuh ASN akan dilaksanakan selama dua peka ke depan. Itu sesuai standar operasional prosedur (SOP) saat ini sebagai Indonesia darurat corona.

“Setiap kegiatan rapat yang mendesak, terutama melibatkan orang banyak seperti sampai 100 ke atas, kalau untuk rapat- rapat lain kalau tidak mendesak sebaiknya ditunda sementara. Intinya ini dilakukan sebagai pencegahan baik pengecekan suhu tubuh hingga cuci tangan pakai hand sanitizer,” paparnya.

Baca juga : DMI Ciamis Imbau 3.800 Masjid Jami Dibersihkan

Hasil pemeriksaan kepada ASN peserta rapat, kata Ani, suhu tubuh mereka normal, sehingga rapat bisa dilaksanakan dengan kehadiran semua peserta.

“Kalau pun ada yang suhu tubuhnya di atas normal akan ada tindak lanjut. Kalau rata-rata 36 derajat celsius sehingga seluruh peserta yang berjumlah sekitar 100 orang dapat mengikuti rapat,” ujarnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.