Sukamajukidul Akan Bangun 2 Septic Tank Komunal

74
0
PENDAMPINGAN ODF. Tim pendamping ODF dan Camat Indihiang Nanang Iskandar Z (keempat dari kiri) difoto bersama Satgas ODF Kelurahan Sukamajukidul, Senin (26/8). Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya

INDIHIANG – Pemerintah Kelurahan Sukamjukidul akan membangun dua unit septic tank komunal untuk menyukseskan program Jawa Open Defecation Free (ODF) 2019 Menuju Sanitasi Aman (Saniman). Anggaran yang disediakan berasal dari dana kelurahan dan Gema Madani.

“Itu (septic tank komunal, Red.) rencananya akan kita bangun di RW 06 yang memang menjadi fokus program ODF,” kata Lurah Sukamajukidul H Deden Wahyu SIP kepada Radar di kantornya, Senin (26/8).

Menurut dia, ada lima RW dari 12 RW yang menjadi sasaran program ODF. Untuk 4 RW masuk ke program Kotaku. “Jadi satu RW (06) ini yang akan mendapatkan bantuan septic tank komunal itu,” ujar dia.

Deden menjelaskan, saat ini pihaknya menunggu hasil musyawarah warga dalam pembangunan septic tank ka­rena harus ada hibah tanah.

“Sya­ratnya harus ada hibah tanah dari masyarakat. Untuk pembangunan infrastrukturnya akan kami siapkan baik dari dana kelurahan atau Gema Madani,” tutur dia.

Menurut dia, progres program ODF di Sukamajukidul itu sangat bagus. Bahkan, pola pikir masyarakat sudah berubah dari yang tadinya tidak mementingkan bahaya buang air besar sembarangan menjadi lebih memperhatikan.

Loading...

“Termasuk mereka saat ini mengerti cara membuang air besar sesuai standar kesehatan,” kata dia.

Satgas ODF, kata dia, terus menyosialisasikan program ODF dengan berbagai cara. Mulai dari pengajian, kumpulan RT dan RW serta kegiatan lainnya. “Mudah-mudahan Kota Tasikmalaya bisa menjadi Kota ODF dan sanitasi aman,” tutur dia.

Camat Indihiang Nanang Iskandar Z mengapresiasi dengan meningkatnya progres program ODF. “Bahkan, masyarakat Kelurahan Sukamajukidul ini sudah melek akan bahayanya buang air besar sembarangan,” kata dia.

Sosialisasi ODF dan sanitasi aman itu tidak hanya dilaksanakan di Kelurahan Sukamajukidul saja melainkan di seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Indihiang.

“Karena target 2022 Kota Tasikmalaya ODF 100 persen untuk menempuh sanitasi aman pada 2024,” ujar dia.

Pemerintah kecamatan akan terus berupaya agar kedua program itu bisa berjalan sesuai harapan. “Kami akan terus berupaya melalui langkah-langkah kami,” kata Nanang.

Nanang berharap dengan adanya program ini masyarakat Kota Tasikmalaya khususnya Kecamatan Indihiang derajat kesehatannya lebih meningkat. “Saya harap ini ada dukungan dari semua pihak,” harapnya. (ujg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.