Sumbangan APD dan Logistik dari Warga Kota Tasik Disimpan dan Dijaga di Kantor BPBD

526
0
AMAN. Logistik bantuan dari masyarakat tersimpan aman dan dijaga ketat di Kantor BPBD Kota Tasikmalaya Rabu (15/4). Firgiawan / Radar Tasikmalaya

KAWALU – Bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) dan barang logistik sumbangan dari donasi kalangan masyarakat disimpan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, tepatnya kesekretariatan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya H Ucu Anwar menjelaskan sejak 30 Maret sampai dengan 13 April 2020, pihaknya merekap lebih dari 3.000 picis dari berbagai jenis item bantuan terkumpul. Mulai baju hazmat berbagai level, sarung tangan, kacamata pelindung, masker kain pun medis dan bantuan berupa makanan serta vitamin.

Baca juga : Kota Tasik Menuju Zona Merah, Puncak Covid-19 Diprediksi Sepekan Sebelum Lebaran

“Beberapa diantaranya sudah kita distribusikan sesuai arahan pimpinan. Gugus Tugas terus mendapatkan donasi, sampai hari ini (kemarin) pun masih berdatangan dan terus kami rekap,” tuturnya saat ditemui Radar, Rabu (15/4).

Dia menjelaskan distribusi APD dikhususkan bagi tenaga dan lembaga medis yang menangani Covid-19. Sejauh ini hampir seluruh rumah sakit yang menangani Covid-19 sudah mendapat distribusi bantuan dari masyarakat.

“Kita verifikasi ketersediaannya, semisal ada pengajuan atau kami cek di suatu rumah sakit APD mulai menipis. Kita beritaacarakan setiap barang yang masuk dan keluar, sebab ini amanah dari masyarakat,” kata Ucu menjelaskan.

Selain administrasi harus rinci, kata Ucu, sejumlah APD yang secara darurat digunakan bagi personel di Posko-Posko perbatasan pun harus diganti. Sebab, pihak Gugus Tugas sebatas penyalur bantuan saja, supaya bermanfaat sesuai peruntukan dan urgensinya. “Kemarin pun di Posko pinjam dulu untuk kelengkapan personel, itu langsung kita ganti,” kata dia.

“Sebab, kelengkapan APD bagi Tim Gugus Tugas itu pengadaan sendiri, tidak menggunakan dari bantuan ini,” ujarnya.

Baca juga : Bantuan Dana untuk Tim Covid-19 RT & RW Siap Disalurkan Pemkot Tasik, Namun..

Bantuan yang dikelolanya, kata Ucu, hanya merupakan bantuan yang diserahkan terhadap Gugus Tugas. Sebab, beberapa kalangan masyarakat pun ada yang langsung mendistribusikan bantuan ke rumah sakit, tenaga medis atau pihak lain yang merupakan garda depan dalam penanganan Covid-19. “Sementara masker-masker kain beberapa diantaranya sudah kita bagikan baik ke masyarakat dan yang membutuhkan atas arahan ketua tim,” kata dia. (igi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.