Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

0.9%

60.8%

2.3%

0.2%

4.4%

19.5%

11.4%

0%

0.1%

0%

0%

Mata Air di Sadananya Ciamis Tertimbun Longsor, Belasan Hektar Sawah Terancam Kering

56
0
ISTIMEWA LONGSOR. Sumber mata air bersih di Dusun Sedekan Kecamatan Sadananya tertimbun material longsor, Kamis (16/1).

CIAMIS – Tebing setinggi lima meter dengan lebar 20 meter di Dusun Sedakan RT/RW 25/7 Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya longsor dan menimbun sumber mata air, Kamis (16/1).

Akibat kejadian ini, pemandian umum, bak penampungan air bersih dan sumber mata airnya tertimbun. Sehingga, hampir belasan hektare sawah dan kolam ikan tidak bisa terairi.

Kepal Dusun Sedekan Arisman mengatakan, kemungkinan longsor terjadi malam hari ketika hujan mengguyur cukup besar pada Rabu (15/1) sore.

“Alhamdulillah pada saat kejadian sedang tidak ada masyarakat yang beraktivitas seperti mandi dan mencuci di tempat tersebut, jadi tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” katanya.

Baca juga : Hujan Deras di Kota Tasik, 5 Rumah Terancam Longsor & 1 Tertimpa Pohon

Saat ini, kata dia, yang menjadi persoalan adalah material longsor yang menimbun sumber mata air. Dampaknya, lahan perikanan dan sawah milik warga tidak bisa terairi.

“Termasuk hampir 200 kepala keluarga yang biasa memanfaatkan sumber mata air ini pun cukup kesulitan air bersih, karena material longsor yang menimbunnya sangat tebal,” ujarnya, menjelaskan.

“Kami juga prihatin kepada para petani yang baru akan mulai menanam padi tidak bisa melanjutkannya, karena sumber mata air yang biasa digunakan tertimbun longsor,” katanya.

Lanjut dia, memang lokasi longsoran cukup jauh dari permukiman warga, sekitar 200 meter. Sehingga tidak begitu mengancam kepada rumah-rumah milik warga, walaupun kekhawatiran tetap ada.

Maka dari itu, tambah dia, pihaknya mengharapkan pemerintah daerah segera melakukan evakuasi material longsor menggunakan alat berat, sehingga bisa cepat diselesaikan dan sumber mata air warga kembali normal.

“Kalau secara gotong royong pun bisa saja, tapi akan memakan waktu lama. Karena material longsorannya cukup banyak dan menyulitkan. Berbeda apabila menggunakan alat berat akan lebih cepat,” ujarnya.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.