Krisis Air Bersih di Pamarican, Empat Tangki Dikirim

Sumur-Sumur Mengering, BPBD Distribuskan Empat Tangki Air

50
0
ISTIMEWA KEKURANGAN AIR. Petugas BPBD Kabupaten Ciamis mendistribusikan air bersih ke wilayah Kecamatan Pamarican yang mengalami kekeringan.

CIAMIS – Krisis air bersih mulai terjadi di Kecamatan Pamarican akibat kekeringan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pun langsung mendistribusikan empat tangki air ke Neglasari dan Desa Sukajaya di kecamatan tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supiani menerangkan, ada 195 kepala keluarga (KK) di Desa Neglasari dan 456 KK di Desa Sukajaya yang kekurangan air bersih akibat kekeringan. “Kami cek ternyata sumur-sumur milik warga mulai mengering sehingga warga harus mencari ke sumber air di lokasi perkebunan sejauh satu kilo meter,” tutur Ani di ruangannya, Senin (8/7).

Menurut dia, kesulitan warga men­dapatkan air bersih sudah di­alami sejak beberapa minggu ke belakang. Warga harus mencari air ke sumber di perkebunan yang jarak­nya sekitar satu kilometer. Ada pu­la warga yang lebih memilih air ga­lon untuk keperluan minum. Ada­pun untuk kebutuhan man­di, cuci, kakus (MCK), warga me­man­­­faatkan Sungai Ciseel yang jarak­nya sekitar tiga kilometer dari permukiman. “Bantuan ka­mi disambut masyarakat dan mere­ka berbondong-bondong membawa air bersih yang kami bawa,” katanya.

Dalam menyalurkan air bersih, petugas BPBD cukup kesulitan. Ada beberapa titik yang tidak bisa dijangkau oleh mobil tangki lantaran jalannya sempit. Dengan demikian, warga pun harus datang langsung ke jalan kampung yang bisa diakses mobil. “Laporan saat ini yang kami dapat, baru Kecamatan Pamarican yang melaporkan kekeringan. Untuk kecamatan lain tidak mengalami kekurangan air bersih. Masih aman,” tuturnya.

Ani mengimbau masyarakat un­tuk menghemat air di musim ke­marau ini. Untuk MCK, sebaiknya memanfaatkan sum­ber-sumber air di sungai. Am­billah air bersih hanya untuk keperluan minum dan memasak di rumah. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.