Sungai Cibereum Meluap, Lima Kampung Diterjang Banjir

29
BANJIR. Lima kampung di Desa Barusuda Kecamatan Cigedug diterjang banjir dari luapan Sungai Cibeureum Jumat sore (11/1).

CIGEDUG – Sungai Cibeureum meluap. Akibatnya, sembilan rumah di lima kampung di Desa Barusuda Kecamatan Cigedug tergenang banjir sekitar pukul 16.00 Jumat sore (11/1).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dadi Djakaria mengatakan meluapnya air sungai terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

“Air datang tiba-tiba dan menggenangi sebagian rumah warga yang berada di dekat sungai,” terangnya.

Jumlah rumah warga yang tergenang, kata dia, ada sembilan rumah yang tersebar di lima kampong, yakni Kampung Babakan Palah, Ciroyom, Barusuda, Pasir Tengah dan Cikahuripan. “Selain terendam, ada satu rumah di Kampung Babakan bergeser sekitar lima meter,” katanya.

Tidak ada korban jiwa dalan peristiwa itu. Hanya saja warga mengalami kerugian materil akibat bencana. “Kerugiannya masih kita hitung, petugas masih di lokasi sampai saat ini,” terangnya.

Dalam penanganan bencana, pihaknya sudah menerjunkan tim dan bantuan yang dibutuhkan untuk membantu warga di lokasi kejadian. “Bantuan tanggap darurat sudah kami kirimkan bersama anggota ke lokasi,” terangnya.

Dihubungi terpisah, Camat Cigeudug Mia Herlina mengatakan tadi malam sekitar pukul 21.00 kondisi air sudah mulai surut. Hanya menyisakan lumpur yang memenuhi beberapa bangunan.

“Sekarang (tadi malam, Red) bersama dari BPBD masih di lokasi untuk penangan korban luapan sungai ini,” terangnya.

Sampai saat ini, pihaknya belum menerima informasi adanya korban jiwa. Mengenai jumlah rumah yang terendam dan kerugiannya pun belum mengetahui secara pasti. “Kita masih mendata terus, mudah-mudahan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” terangnya.

Dalam penanganan korban pihaknya bersama BPBD Garut sudah melakukannya. Bantuan pun sudah disalurkan kepada para korban.

“Alhamdulillah BPBD sudah berada di lokasi dan melakukan bantuan yang diperlukan sementara kami menyiapkan suplai makanan bagi warga yang membutuhkan,” katanya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.