Sungai Cidurian Garut Meluap, Puluhan Rumah Terendam

28
0
istimewa BANJIR. Sebuah mobil terdampak banjir di Desa Dangiang. Banjir juga sempat merendam rumah.
Loading...

BANJARWANGI – Hujan deras yang mengguyur wilayah selatan Kabupaten Garut mengakibatkan Sungai Cidurian di Kecamatan Banjarwangi meluap. Air pun merendam puluhan rumah di Desa Dangiang Senin (8/2/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja kerugian materil yang dialami masyarakat, karena rumahnya terendam banjir bandang.

“Kejadiannya jam 14.30, ada 35 rumah dengan jumlah 41 KK (kepala keluarga) yang terdampak banjir,” ujar Camat Banjarwangi Bambang Hernowo saat dihubungi, kemarin.

Selain banjir bandang, hujan deras juga mengakibatkan pepohonan banyak yang roboh dan berjatuhan ke aliran sungai. Akibatnya, pepohonan yang tumbang menyumbat konstruksi jembatan Sungai Cidangian. Sehingga air sungai meluap ke pemukiman warga.

“Sebagian warga yang terdampak kini sudah diungsikan ke lokasi yang lebih aman,”” terangnya.

loading...

Warga dievakuasi ke masjid dan Gor Desa Dangiang. Pihaknya pun meminta instansi terkait mengirimkan alat berat untuk membantu proses pembersihan material pascabanjir bandang. “Warga juga sudah mulai membersihkan material sisa banjir yang berserakan memakai alat seadanya,” ucapnya.

Bambang juga mengimbau masyarakat tetap waspada. Pasalnya hujan deras masih bisa terjadi dan menyebabkan banjir susulan. (yna)

Baca juga : BPJS Garut Serahkan Santunan JKM Kepada 3 Ahli Waris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.