Sungai Citalahab Ciamis Meluap dan Bikin Panik Warga

143
0

CIAMIS – Warga di Dusun Kertajaya Desa Sukahurip Kecematan Pamarican Kabupaten Ciamis, panik. Pasalnya, air Sungai Citalahab yang ada di kawasan kampung meluap hingga menggenangi permukiman, Selasa (18/02) sore.

Warga berbondong-bondong keluar rumah untuk memeriksa kesekitar jalan dan pemukiman, termasuk ingin mengetahui kondisi sungai.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis wilayah Pamarican, Baehaki Efendi menuturkan, saat ini warga panik, dengan berbondong-bondong semua keluar rumah, meski situasi hijan.

“Sungai Citalahab ini jaraknya sekitar satu kilometer dari permukiman warga. Air meluap ke jalan-jalan kampung. Kami bersama warga lakukan gotong royong , membersihkan sampah dan menutup jalur air yang akan masuk ke permukiman,” ujar Baehaki.

Menurut dia, di wilayah tersebut, jika hujan turun dengan intensitas tinggi, debit air Sungai Citalahab selalu naik dan sudah menjadi banjir musiman.

Masyarakat di sana, kata dia, berharap ada sodetan sungai atau pengerukan, karena kondisi sungai tersebut sudah terjadi pendangkalan.

“Semoga ada selusi dari pemerintah dalam penanganan banjir musiman ini. Karena warga selalu resah dan panik ketika sungai meluap,” paparnya.

Haeruman (35) warga Pamarican mengaku, jika sudah ada luapan air dari sungai, pihaknya bersama keluarga panik, bahkan tidak bisa tidur.

“Harapan saya sih ada upaya dari pemerintah. Mulai dari pengerukan sungai karena ada pendangkalan. sehingga kalau dikeruk minimal tidak meluap lagi,” harapnya.

(iman s rahman)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.