Sungai Meluap, Dusun Sindangmulya Kota Banjar Tergenang

81
0
Istimewa BANJIR. Warga RT 06 RW 10 Dusun Sindangmulya Desa Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar berjalan di genangan air di lingkungan tempat tinggalnya Rabu (18/11).

BANJAR – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Banjar dan sekitarnya, sejak Rabu dini hari (18/11) hingga pagi membuat saluran irigasi Lakbok meluap. Efek luapan itu, air menggenang di RT 06 RW 10 Dusun Sindangmulya Desa Kujangsari Kecamatan Langensari.

“Banjir tidak hanya terjadi di Dusun Sindangmulya tapi juga di Dusun Sukabagja Desa Kalapasawit Kabupaten Ciamis,” ujar salah seorang warga sekitar Ai Lilis kepada wartawan, Rabu (18/11).

Dia menjelaskan, saluran irigasi yang meluap berbatasan langsung dengan Dusun Sukabagja Desa Kalapasawit Kabupaten Ciamis, sehingga menyebabkan dua wilayah Banjir, namun tidak terlalu parah. Ketinggian air saat masih turun hujan setinggi lutut orang dewasa dan nyaris masuk ke rumah warga. Namun hanya sampai di depan pintu rumah.

“Ada empat rumah warga di RT 06 Dusun Sindangmulya yang nyaris masuk air ke dalam rumah. Yaitu rumah Ibu Een, Mamah, Eha dan Pak Kentus karena rumahnya deket dengan saluran irigasi,” jelasnya.

Baca juga : Sport Center di Kota Banjar Dijadikan Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Banjir sebagai dampak luapan air saluran irigasi tidak hanya berimbas di Dusun Sindangmulya tapi juga wilayah tetangga. Justru banyak yang terdampak di wilayah tetangga dibanding di desa sendiri.

“Alhamdulillah rumah sendiri tidak kemasukan air banjir, karena agak jauh dari saluran. Namun hanya depan rumah saja yang banjir, sekarang mah sudah agak surut,” ujarnya.

Kepala Desa Kujangsari Mujahid mengatakan wilayah tersebut memang sering banjir dan saat ini sedang dimusyawarahkan dengan lingkungan sekitar untuk membangun saluran darurat agar tidak banjir lagi saat turun hujan.

“Mudah-mudahan bisa dibangun tahun depan, sehingga saat musim hujan tidak terjadi banjir lagi,” jelasnya. (nto)

MENJALA IKAN. Warga saat menjala ikan dampak banjir di lingkungan tempat tinggalnya dampak meluapnya saluran irigasi.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.