Surat Rekomendasi Pelantikan Perangkat Desa Tuai Polemik

809
0

PANGANDARAN – Surat rekomendasi pelantikan perangkat Desa Jayasari Kecamatan Langkaplancar, menimbulkan kontroversi. Pasalnya, rekomendasi tersebut justru tertulis nama peraih nilai terendah dalam tes penerimaan perangkat desa.

Peraih nilai tertinggi atas nama Deni Murdani, malah tidak ada dalam surat rekomendasi tersebut. “Saya mendapat nilai 442 tidak ada dalam surat rekomendasi, yang tercantum adalah inisial MPP yang mendapatkan nilai 294 dan berada di peringkat ke-4,” ujarnya kepada Radar, Senin (6/1).

Ia mengaku mendapatkan pem­beritahu­an dari panitia seleksi, dua hari setelah pelaksanaan tes berakhir. ”Na­mun meski secara pribadi saya men­da­patkan pemberitahuan tersebut, na­mun pengumumannya tidak per­nah dipajang di desa,” ucapnya.

De­ni tetap keukeuh untuk memperjuangan hak­­nya karena telah mendapatkan nilai tert­inggi dalam tes tersebut. ”Saya akan be­rusaha semaksimal mungkin untuk memperjuangkan hak saya, karena se­cara umum masyarakat sudah me­nget­ahui bahwa nilai tertinggi dari hasil tes tersebut adalah saya,” ujarnya.

Se­­mentara itu, Camat Langkaplancar De­ni Ram­dani mengatakan rekomendasi yang dikeluarkan tersebut berdasarkan usul­­an dari Kepala Desa Jayasari. ”Tidak mung­­kin camat sekonyong-konyong me­ngeluarkan surat rekomendasi tanpa ada dasar,”jelasnya.

Menurut dia, Kepala Desa Jayasari mempunyai hak prerogatif mengusulkan siapa yang diterima jadi perangkat desa, sementara pihak kecamatan sebagai panitia penerima perangkat desa, sudah membeberkan hasilnya.

”Deni itu memang mendapatkan nilai ranking 1, sementara kan hak prerogatif untuk menentukan siapa yang dipakai itu kepala desa,” katanya.

Deni menjelaskan pihaknya sudah mem­berikan wa­­rning ke­pada ke­pala desa unt­uk segera melakukan pelantikan sejak se­be­lum cuti Pilkades, na­mun sampai saat ini be­lum juga di­lakukan. ”Kenapa itu ditunda-tunda saya tidak tahu,” ucapnya.

Deni me­nga­takan Ka­des Ja­ya­sari su­­dah ber­kon­­­sultasi se­be­lum­nya me­­nge­nai hal tersebut. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.