KPU Baru Terima Sebanyak 433.949

Surat Suara Kurang 9,2 Juta Lembar

34
MASIH KURANG. Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin (kanan) mengecek surat suara untuk Pemihan Umum 2019 yang masih kurang 9,2 juta lembar, Selasa (12/2).DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya masih kekurangan surat suara sebanyak 9.263.500 dari total kebutuhan 9. 697.449 lembar.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP menjelaskan pihaknya sudah menerima distribusi surat suara dari KPU RI untuk calon legislatif (caleg) DPRD kabupaten daerah pemilihan (dapil) satu dan dua. “Kami terima untuk dapil satu sebanyak 229.959 dan dapil dua 203.990 lembar surat suara. Jadi total surat suara yang sudah kami terima sebanyak 433.949 lembar,” jelasnya kepada wartawan saat meninjau surat suara di gudang, Selasa (12/2).

Kata Zamzam, total kebutuhan surat suara pada Pemilu 2019 di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 9.697.449 lembar. Saat ini, baru 433.949 surat suara yang diterima. Jadi masih kekurangan 9.263.500 surat suara lagi.

“Sesuai dengan petunjuk jadwal KPU RI, pada 26 Februari ini sebagai batas akhir penerimaan surat suara di masing-masing satuan kerja (satker) KPU kabupaten/ota. Jadi Februari ini mudah-mudahan kebutuhan 9 juta lembar surat suara terpenuhi,” harapnya.

KPU akan segera membahas untuk tahapan penyortiran surat suara yang rencananya akan dilaksanakan minggu ini. “Kita akan bahas dulu teknisnya, berapa orang yang bisa masuk ke gudang KPU untuk penyortiran. Kalau tidak minggu ini, minggu depan mulai bisa dilakukan penyortiran,” paparnya.

Tempat yang sama, Wakil Ketua Divisi Logistik KPU Kabupaten Tasikmalaya Fachrudin SAg mengatakan penyortiran lebih kepada memastikan bahwa surat suara ini tidak mengalami kerusakan atau cacat.

Kemudian, tambah dia, setelah penyortiran selesai semuanya dimasukan kembali ke dalam dus sebelum didistribusikan ke setiap TPS. “Petugas yang menyortir surat suara ini dari PPK dan PPS di setiap dapil perwakilannya,” terangnya. (dik)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.