Surya Paloh Ralat Dukungan Kepada Anies Baswedan di Pilpres 2024

14

JAKARTA – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh meralat dukungannya kepada Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Ia mengatakan, bahwa dirinya belum ada niatan untuk mendukung Anies Baswedan maju di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Surya Paloh kepada wartawan setelah memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).

“Prosesnya nanti kami lihat 2024. Masih panjang, lima tahun lagi. Kalau sekarang belum ada niat,” katanya.

Surya Paloh sendiri mengaku memiliki kedekatan dengan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Namun, ia menegaskan bahwa kedekatan itu bukan berarti dirinya memberikan dukungan politik kepada Anies Baswedan.

Sebaliknya, ia malah mengingatkan bahwa pada pilkada 2017 lalu, Partai Nasdem memberikan dukungan kepada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Manifesto politik organisasi sosial kemasyarakatan yang saya dirikan ada Anies Baswedan bersama tokoh-tokogh bangsa lainnya, ada juga Ahok. Dua-duanya ini adalah adik saya,” katanya.

Ia lantas memberikan alasan dirinya mengundang Anies Baswedan ke kantor DPP Partai Nasdem.

Sebagai Kakak, dirinya mengundang Anies untuk berdialog karena sudah lama tidak berjumpa.

“Anies datang kepengin jumpa dengan kakaknya,” kilahnya.

Terkait dengan isu yang berkembang setelah pertemuan dua tokoh tersebut, ia tidak mau ambil pusing. Menurutnya, Bangsa Indonesia perlu memiliki sense of humor.

“Punya kemampuan untuk bagaimana katakanlah berdiplomasi secara baik, ada keramahtamahan ada perbedaan yang bisa kami cari celahnya mempersatukan kan bagus,” papaarnya.

Sebaliknya, ia terkesan menyalahkan masyarakat yang menurutnya memiliki cara pandang dan fikir yang super ortodoks konservatif.

“Ini masyarakat kita sudah masuk pada demokrasi bebas, tapi kadang-kadang cara berpikirnya maish kontekstual super ortodoks konservatif,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam konferensi pers seusai bertemu Anies di kantor DPP Partai Nasdem, Gondangdia, Jakarta, Surya Paloh menegaskan, ia dan partai Nasdem siap memberikan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2024.

Menurutnya, Anies merupakan salah satu tokoh yang memiliki kapasitas dan kapabelitas.

“Insya Allah (mendukung Anies). Semuanya sejalan dengan arah partai,” kata Surya, Rabu (24/7/2019).

Ia juga mengatakan siap mengusung Anies karena dinilai memiliki potensi tinggi. Kendati demikian, pihaknya menyerahkan hal tersebut kepada Anies Baswedan.

“Iya pasti lah (mendukung Anies). Lahiriah, batiniah,” tegasnya. (ruh/pojoksatu/radartasik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.