Musim Penghujan, Sungai Citanduy Kerap ”Makan Korban”

Sutrisno Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai Citanduy

26

PADAHERANG – Sutrisno (35), warga Desa Sidanegara Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ditemukan meninggal Kamis (14/3) pukul 07.00. Jasadnya mengambang di Sungai Citanduy.

Sebelumnya, dia dilaporkan hilang saat mengejar itik peliharaannya yang masuk ke Sungai Citanduy di wilayah Desa Sukanagara, Kecamatan Padaherang.

“Korban ditemukan dalam kondisi sudah meninggal di sekitar Pelabuhan Santolo, berjarak sekitar 15 kilometer dari lokasi kejadian,” tutur Bambang Setiadi, anggota Tagana Kabupaten Pangandaran kepada Radar kemarin.

Evakuasi korban sempat terkendala karena tidak adanya ambulans. Akhirnya jasad Sutrisno dievakuasi tim Basarnas Cilacap menggunakan perahu karet menuju titik lokasi korban menghilang.

“Saat ditemukan, jasadnya kita bawa ke tepi   pelabuhan, karena tidak ada ambulans, Basarnas Cilacap yang sudah turun dari lokasi kejadian langsung menjemput dengan perahu karet,” ujarnya.

Sebelumnya, korban dilaporkan tenggelam saat mengejar itik yang loncat ke sungai di wilayah Desa Sukanagara Kecamatan Padaherang.

Relawan bersama masyarakat setempat kemudian melakukan pencarian hingga larut malam. Kemudian, pencarian diperluas hingga wilayah muara sungai Citanduy melibatkan Basarna Cilacap, Tagana Pangandaran, SAR MTA, BPBD dan unsur TNI Polri.

Bambang menambahkan, Sungai Citanduy yang menjadi perbatasan provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, sering merenggut korban jiwa. Kasus yang mendominasi biasanya, korban terpeleset dan tenggelam.

“Biasanya kalau musim penghujan, karena Sungai Citanduy ini sangat lebar, dalam dan berarus deras sehingga sangat berbahaya, setiap tahun ada saja kasus tenggelam,” ujarnya.

Ia berharap warga berhati-hati saat beraktivitas di Sungai Citanduy, apalagi saat musim penghujan debit airnya kerap meningkat.

“Warga di sekitar bantaran Citanduy harus lebih waspada terutama manula dan anak-anak, jangan sampai lengah dari pengawasan,” kata dia.

Puluhan tim SAR gabungan dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), SAR MTA, Basarnas Cilacap, Potensi SAR dan Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangandaran, sebelumnya, melakukan pencarian korban tenggelam di Sungai Citanduy Rabu (13/3).

Sutrisno (35), warga Desa Sidanegara Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap dilaporkan hilang saat mengejar itik yang loncat ke sungai di wilayah Desa Sukanagara Kecamatan Padaherang.

“Kami melakukan penyisiran sejak semalam, setelah mendapatkan informasi korban hilang, namun sampai sore ini masih belum ditemukan,” tutur Ahmad Nasihin, anggota Tagana wilayah Padaherang.

Korban menghilang saat mengejar itik-itiknya yang lari ke bantaran Sungai Citanduy. “Korban memang orang Jawa Tengah tapi biasa menambang pasir di wilayah Jawa Barat. (nay)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.