Swasta Kembangkan Situ Mustika Di Banjar

49

BANJAR – Lokasi wisata Mustika Taman Anggrek yang kini masih bernama Situ Mustika akan menjadi lokasi pariwisata yang ditingkatkan dalam hal konsep keragaman wisatanya. Pengelolanya adalah swasta, atas izin pengelolaan dari Perhutani Kabupaten Ciamis.

“Dikelola oleh swasta. Pemerintah Kota Banjar nantinya mendapatkan pendapatan dari retribusi,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar Drs Nana Suryana Kamis (29/11).

Ia menyebut dengan pengelolaan oleh pihak swasta, pariwisata di Kota Banjar diharapkan bisa bertumbuh sehingga ada lokasi pariwisata yang menjadi andalan dan juga melahirkan pendapatan asli daerah yang baru.

“Kontraknya seumur hidup. Kita percayakan kepada swasta, baik dari sisi investasi modalnya, konsepnya hingga pengelolaannya. Pemerintah Kota Banjar mendapatkan retribusinya pajaknya,” ungkap Nana.

Pengelola Mustika Taman Anggrek Henhen Hendarsah saat ditanya mengenai konsep pariwisata Situ Mustika mengatakan setidaknya butuh satu tahun untuk menyelesaikan dua tahap pengerjaan. Ia memiliki konsep dimana lokasi wisata yang berada di lahan Perhutani itu dijadikan rumah untuk tanaman anggrek, kemudian kebun binatang mini, kuliner, seni dan budaya juga wahana permainan.

Ia optimis Situ Mustika yang kelak berubah nama menjadi Mustika Taman Anggrek akan berkembang dan menjadi ikon wisata andalan di Kota Banjar. “Rencana akan kita buka dulu soft opening pada 25 Desember 2018. Untuk pemantapannya ya kurang lebih butuh waktu sekitar satu tahunan lah,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.