Table Manner Penting Bagi Siswa

17

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Sebanyak 60 siswa Jurusan Perbankan Syariah SMK Terpadu Al-Ikhwan mengikuti Training Excellent Service dan Table Manner di Hotel Horison Jalan Yudanegara Kota Tasikmalaya Selasa (6/11). Dalam kegiatan tersebut siswa diberikan soft skill table manner atau tata cara dalam jamuan makan.

Kepala Program Perbankan Syariah SMK Terpadu Al-Ikhwan Mia Noormalasari SPd menjelaskan kegiatan ini sangat penting bagi pengembangan skill siswa, sebab lulusan SMK dituntut untuk siap terjun ke dunia kerja. Kegiatan ini pun digelar dalam pemenuhan mutu standar kompetensi lulusan.

“Yang diajarkan tidak hanya sebatas pengetahuan saja, tapi praktik untuk bekal terjun ke dunia kerja dan industri,” ungkapnya.

Dengan mempelajari table manner, sambungnya, diharapkan bisa menunjang karir siswa nantinya. Skill ini tentu akan bermanfaat ketika mereka bekerja di perusahaan. Sebab pada moment tertentu mereka dituntut untuk menguasai etika dalam menghadiri jamuan. “Di perusahaan-perusahaan sering ada gala dinner atau jamuan lainnya, makanya siswa disiapkan sejak dini mengenai etiket di meja makan,” terangnya.

Jika siswa mampu menunjukkan sopan santun di meja makan, kata ia, maka secara tidak langsung akan menunjukkan kualitas pergaulan dan intelektualitasnya.

Selain mengajarkan table manner, sambungnya, dalam kegiatan ini siswa juga diberikan wawasan mengenai excellent service. Makanya siswa diajak untuk melihat standar pelayanan di hotel, sebab hotel menerapkan konsep pelayanan prima. “Jadi pada dasarnya perbankan juga mengacu kepada perhotelan untuk standar pelayanannya,” tuturnya.

Siswa yang terdiri dari kelas X, XI dan XII diajak oleh pihak hotel untuk berkeliling melihat secara langsung profesionalisme dari pegawai di berbagai bidang.

Sales Manager Hotel Horison Sandy Febrico menjelaskan ada tiga materi umum yang disampaikan kepada para siswa yaitu grooming atau penampilan, excellent service atau pelayanan prima dan table manner atau tata cara menghadiri jamuan makan.

“Ini bekal penting untuk mereka saat nanti bekerja, karena sebagai karyawan mereka mencerminkan dedikasi perusahaan,” imbuhnya. (rga)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.