Beranda Ciamis Tagana Ciamis Kurang Personel

Tagana Ciamis Kurang Personel

71
BERBAGI
SIMULASI. Anggota Tagana Ciamis melakukan simulasi dapur umum lapangan Senin (26/3).

Dinsos Akan Lapor kepada Kemensos
CIAMIS – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis kekurangan personel. 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis hanya di-cover oleh 30 orang. Menurut Ketua Tagana Ciamis Ade Waluya, idealnya satu kecamatan 10 orang. Agar, penanganan bencana lebih maksimal.

“Dengan kondisi personel yang kami miliki saat ini hanya 30 orang, cukup kerepotan dalam melaksanakan penanganan bencana alam,” ungkap Ade kepada Radar, saat ditemui di Kantor Dinas Sosial Ciamis pada Selasa (27/3).

Dari sejumlah pengalaman, kata dia, penanganan bencana cenderung lambat lantaran jumlah personel yang ada tidak memadai. Dia berharap tahun ini pemerintah melakukan penambahan personel. Karena dari Kementerian Sosial, jumlah personel yang direkrut hanya dua orang per tahun.

“Semoga ditahun ini Kabupaten Ciamis bisa melaksanakan perekrutan sendiri Tagana muda,” harapnya.

Selain personel, lanjut dia, persoalan yang dihadapi Tagana saat ini adalah minimnya perlindungan keselamatan kerja. Mereka tidak diberi asuransi kejiwaan oleh pemerintah. Tapi, bayar masing-masing.

Padahal, tugas dan kerja mereka cukup berat. Mereka sering terjun ke lokasi yang berbahaya ketika menangani bencana. “Harapan kami, semua itu (personel dan asuransi jiwa) bisa terealisasi oleh pemerintah,” harapnya.

Dihubungi melalui telepon, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis Hj Yeyet Trisnayati menjelaskan Tagana adalah relawan. Untuk persoalan personel dan asuransi jiwa yang dibutuhkan, akan disampaikan kepada Kementerian Sosial dan dibuat pengajuannya.
“Semua kewenangan ada di Kemensos. Semoga apa yang diharapkan bisa terealisasi semua,” singkatnya saat dihubungi lewat telepon. (isr)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.