Tagana dan Petugas Evakuasi Pohon yang Hantam Rumah Warga

31

CIAMIS – Guna membantu evakuasi para korban angin kencang di Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis, Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis menurunkan sedikitnya delapan personil, Sabtu (12/01/19).

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagan) Kabupaten Ciamis Ade Waluya, menuturkan tim nya mengevakuasi lanjutan, sejak kejadian angin kencang disertai hujan lebat, Jumat (11/1) lalu.

Jadi, yang terkena dampak sejauh ini masih dalam pendataan, sementara kurang lebih ada sekitar puluhan rumah.

“Hasil pendataan diketahui, tidak ada yang rusak berat, tapi kategori ringan dan sedang,” jelasnya kepada Radar.

Rumah yang rusak, kata Ade, ada yang tertimpa pohon dan ada yang gentingnya terbawa angin kencang.

Pihaknya bersama masyarakat, kepolisian Polsek Panumbangan dan koramil (TNI), Tagana, BPBD, Rapi dan relawan lainya melakukan upaya gotong royong dalam evakuasi pohon-pohon yang tumbang yang menimpa rumah, dengan cara di potong.

“Sehingga upaya perbaikan juga terasa ringan, karena dilakukan secara gotong royong,” katanya.

Ade mengaku, selain evakuasi bantuan sembako diberikan kepada korban bencana, baik dari Dinas Sosial (Dinsos) atau BPBD Ciamis.

Untuk saat ini, para korban yang tersapu angin kencang tidak sampai mengungsi. Karena rumahnya masih bisa cepat diperbaiki.

“Sambil evakuasi kami juga berikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa hujan saat ini cukup ekstrim dan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya.

Ditambahkan Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supiani, upaya penangulangan dilakukan bersama-sama, terutama dalam evkuasi pohon tumbang.

Tentunya melibatkan Polsek Panumbangan, TNI, Tagana, serta masyarakat dan relawan lainya.

“Kamisalurkan bantuan kepada korban yang terdampak bencana angin kencang berupa sembako dan terpal. Semoga bermanfaat bagi para korban,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.