Tagana Diminta Siaga saat Musim Hujan

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PANGANDARAN – Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pangandaran meminta seluruh anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pangandaran siaga memasuki musim penghujan.

“Hujan sudah mulai turun di beberapa wilayah, kami minta Tagana untuk siaga. Terus memantau dan menyosialisasikan tanggap bencana, terutama di wilayah-wilayah rawan longsor dan banjir,” tutur Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial PMD Kabupaten Pangandaran Undang Gusnandar usai menutup kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Tagana Pangandaran di lapang Desa Purbahayu Kecamatan Pangandaran Rabu (12/9).

Dikatakannya, potensi banjir dan longsor hampir menyebar di setiap kecamatan. Sehingga membutuhkan upaya mitigasi serius untuk mengurangi dampak risiko bencana. “Kita tidak berharap bencana terjadi, namun masyarakat perlu waspada,” ujarnya.

Lanjutnya, peningkatan kemampuan anggota Tagana dibutuhkan mengingat selama ini Tagana menjadi kepanjangan dari Dinas Sosial dalam melakukan penanganan bencana. “Kiprah Tagana ini tidak lagi diragukan. Setiap ada bencana selalu sigap dan tanggap memberikan pertolongan,” ujarnya. Undang berharap kegiatan peningkatan kapasitas mampu meningkatkan kemampuan Tagana dalam penanganan bencana.

Penasehat Tagana Kabupaten Pangandaran Aang Sutarman mengatakan kegiatan peningkatan kapasitas Tagana merupakan kegiatan pemantapan keahlian anggota Tagana di bidang penanganan kebencanaan. “Ada lima klaster yang harus dikuasi setiap anggota Tagana, yaitu penanganan posko, logistik, tim reaksi cepat, rescue dan layanan dukungan psikososial terhadap penyintas,” ujarnya. (nay)

loading...