Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.3%

53.8%

6.8%

0.7%

12.9%

0%

23.2%

0%

Tagana Mulai Latih Anggota

11
0
Istimewa LATIHAN. Anggota Taruna Siaga Bencana Kabupaten Garut mengikuti pelatihan. Pelatihan diberikan untuk meningkatkan kompetensi kader Tagana, terutama dalam menghadapi musim penghujan.

TAROGONG KIDUL – Memasuki musim penghujan, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Garut mulai melakukan pelatihan terhadap para kadernya. Mereka dilatih delapan klaster penanggulangan bencana yang telah ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) lewat Keputusan BNPB Nomor 173 tahun 2015.

Delapan klaster tersebut, diantaranya kesehatan, pencarian dan penyelamatan, logistik, pengungsian dan perlindungan, pendidikan, sarana dan prasarana, ekonomi dan pemulihan dini. “Kami beri pelatihan delapan klaster ini untuk meningkatkan kompetensi kader dalam penanggulangan bencana,” ujar Ketua Tagana Kabupaten Garut, Sana Santana kepada Rakyat Garut, Minggu (1/12).

Pelatihan dengan pembagian klaster dilakukan untuk memudahkan upaya penanggulangan bencana. Karena, para relawan sudah bisa langsung melaksanakan tugasnya sesuai dengan klaster yang telah ditetapkan. “Pada saat bencana terjadi, para kader sudah bisa menempatkan dirinya dalam klaster-klaster yang telah ditetapkan BNPB,” kata dia.

Sana berharap dengan peningkatan kompetensi anggota Tagana sesuai dengan klaster-klaster penanggulangan bencana, upaya penanggulangan bencana di Kabupaten Garut bisa lebih baik. “Ada 23 orang anggota muda yang mengikuti pelatihan ini, pematerinya didatangkan dari Tagana Training Centre Bogor,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.