Tahanan Kasus Narkoba di Lapas Kelas II B Ciamis Meninggal Dunia

95
0
SURAT KEMATIAN. Salah seorang pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis menunjukkan surat kematian DA, tahanan kasus narkoba pada Selasa (6/8). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Tahanan kasus narkoba DA (45) asal Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya tewas dalam perjalanan ke rumah sakit dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis, Senin (5/8) malam.

Kepala Lapas Kelas II B Ciamis Fajar Nur Cahyono menerangkan, pada Senin siang, berdasarkan keterangan dari teman AD di blok B, AD mengeluh kurang enak badan. Kemudian dia diberi kerokan ringan oleh korban. Namun, beberapa saat kemudian kondisi AD drop dan pingsan.

Mengetahui hal itu, petugas lapas langsung membawa AD ke poliklinik dalam lapas. Karena poliklinik sedang tutup, AD dilarikan ke RSUD Ciamis. “Karena kondisinya nadi sudah lemah, sebetulnya itu harus izin dulu ke kejari, tapi karena kemanusiaan langsung saja dibawa. Namun, korban meninggal di perjalanan ke RSUD Ciamis,” kata Fajar kepada wartawan di ruangannya.

Hasil pemeriksaan tim medis, kata Fajar, tidak ditemukan luka lebam akibat kekerasan di tubuh AD. Pihaknya sudah melaksanakan serah-terima AD kepada keluarganya setelah berkoordinasi dengan kejaksaan. Sejauh ini, pihak keluarga tidak mengusulkan permohonan autopsi terhadap jasad AD. “Kalaupun pihak keluarga penasaran, kami sangat terbuka,” katanya.

AD merupakan tahanan titipkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis yang masuk pada 30 Juli 2019. AD sedang menjalani sidang kasus narkoba dan terancam pasal 62 UU No 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika. Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa barangsiapa secara tanpa hak, memiliki, menyimpan dan/atau membawa psikotropika dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan pidana denda paling banyak Rp 100 juta.

Diwawancara terpisah, Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Risqi Akbar menyatakan sudah menerjunkan tim identifikasi ke Lapas Kelas II B Ciamis. Hasil penyelidikan, AD diduga meninggal karena sakit. “Hasil pemeriksan tim medis, diduga meningalnya akibat serangan jantung,” kata dia. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.