Tahapan Pilkada Kabupaten Tasik tak Ditunda, Sosialisasi via Telekonferensi

100
1
RAKOR. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi soal dampak mewabahnya virus corona terhadap tahapan Pilkada 2020, Jumat (20/3). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA 

SINGAPARNA – Mewabahnya virus corona di Indonesia tidak menjadikan halangan dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2020. Semua mekanisme pesta demokrasi lima tahunan ini tetap berjalan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Kepastian tersebut disepakati KPU Kabupaten Tasikmalaya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lewat rapat koordinasi (rakord) di kantor KPU, Jumat (20/3).

Baca juga : Tempat Hiburan, Karaoke & Bioskop di Kota Tasik Belum Ditutup

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP mengatakan, KPU bersama pihak terkait memastikan tahapan Pilkada 2020 tetap dilaksanakan dan berjalan normal sesuai jadwal di tengah menyebarnya virus corona.

Kata dia, dalam sejumlah agenda sosialisasi tahapan Pilkada 2020 oleh KPU ada yang melibatkan banyak orang terpaksa diubah menjadi kegiatan tatap layar langsung. “Jadi sosialisasi KPU tatap muka langsung, diubah jadi tatap layar, adapun kegiatan tatap muka tidak akan lebih dari 50 orang,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Zamzam mengimbau seluruh penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan desa dalam menjalankan tahapan pilkada tetap waspada, menjaga kesehatan serta tidak panik dalam menghadapi virus corona. “Kita minta seluruh penyelenggara pemilu di desa dan kecamatan waspadai corona, jika ada PPK atau PPS yang sakit segera melapor dan nanti akan ditindaklanjuti oleh medis,” katanya.

Sedangkan untuk tahapan kampanye calon yang melibatkan masyarakat, pihaknya belum menerima instruksi atau arahan dari KPU Jabar dan RI sepert apa teknisnya.

“Mudah-mudahan saat masa kampanye calon di Pilkada 2020, pandemi virus corona sudah tidak ada. Sehingga tahapan pilkada ini juga bisa dilalui dengan baik sesuai mekanisme dan jadwal,” harapnya.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Azis Firdaus menambahkan, hasil kesepakatan dan putusan bersama bahwa tahapan pilkada tetap berjalan sesuai jadwal. Hanya antisipasi dalam pelaksanaannya lebih ditingkatkan dalam mengahadapi wabah corona ini.

“Hanya kegiatan yang melibatkan tatap muka banyak orang, harus diganti dengan cara telekonferensi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi Bawaslu soal tahapan pilkada kita ikuti KPU, sejauh ini tidak ditunda,” kata dia.

Baca juga : Kasatreskrim Polres Tasikmalaya Kota jadi Panit 1 Unit 1 Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Jabar

Sekretaris Desk Pilkada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Heri Suherman menegaskan bahwa tahapan Pilkada Tasik tetap berjalan dengan mengikuti arahan KPU.

“Kita mengikuti hasil kesepakatan dalam rakor ini, untuk menyiasati kegiatan yang melibatkan orang banyak, seperti dalam sosialisasi pilkada. Intinya kesiapan pilkada sudah siap. Insyaallah alat seperti pengukur suhu dan masker akan disediakan oleh pemerintah daerah bagi penyelenggara pemilu,” papar dia. (dik)

loading...

1 KOMENTAR

  1. Bola165 ,org game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan,
    gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue…
    gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki….
    gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.