Tahu Hukum, Tak Perlu Takut Lagi

184
0
DISKUSI. Kepala Bagian Hubungan Antarlembaga Komnas Perlindungan Anak Jawa Barat Ahmad Rizal Enggang (pegang mic) berdiskusi dengan para pengunjung Siliwangi Food Market, Jumat (5/7). RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

TAWANG – Berbagai bidang kehidupan dibatasi oleh regulasi hukum untuk melindungi hak warga negara. Masyarakat perlu memahami aturan-aturan hukum supaya tidak melanggarnya dan tahu cara menghadapi persoalannya.

Sejumlah praktisi hukum yang diinisiasi oleh seorang advokat Dr Yogi Muhammad Rahman SH MH melakukan diskusi dengan masyarakat di Siliwangi Food Market, Jumat (5/7).

Hadir perwakilan dari TNI, Polri, Komnas Perlindungan Anak, anggota DPRD Kota Tasikmalaya serta UPTD Pengawasan Tenaga Kerja wilayah V Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut Yogi menerangkan bahwa negara ini memiliki aturan hukum. Ketika masyarakat tidak paham dengan hukum yang diterapkan, maka akan menimbulkan rasa takut berhadapan dengan hukum.

“Kita mau buka usaha ada aturan hukumnya, kita bekerja di perusahaan ada aturan hukumnya, dan banyak aturan-aturan lainnya juga,” ujar dia.

Para praktisi hukum yang hadir pun memberikan pemaparan tentang tugas dan fungsi masing-masing. Salah satunya Kepala Bagian Hubungan Antarlembaga Komnas Perlindungan Anak Jawa Barat Ahmad Rizal Enggang. Dia menerangkan, anak-anak harus diberikan perlindungan dari diskriminasi dan kekerasan. “Itu sudah amanat undang-undang,” tuturnya.

Ahmad pun menceritakan beberapa kasus yang terjadi di wilayah Jawa Barat, di antaranya aksi cabul ayah kepada anak-anaknya di Kabupaten Garut beberapa waktu lalu.

Loading...

Permasalahan ini perlu kepedulian dari orang-orang terdekat supaya tidak terulang kembali. “Karena kebanyakan pelakunya masih orang-orang dekat,” tuturnya.

Untuk memberikan edukasi secara maksimal, Yogi akan membuka ruang untuk masyarakat yang ingin berkonsultasi permasalahan hukum setiap Jumat malam di Siliwangi Food Market. Dalam hal ini, pihaknya tidak memungut biaya apa pun guna memberikan pencerahan hukum bagi masyarakat. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.