Tahun Baru Islam, Momentum Berhijrah

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Singaparna menyelenggarakan kegiatan pawai taaruf, pentas seni dan santunan kepada anak yatim piatu dalam memperingati tahun baru Islam 1440 Hijriah di Gedung Dakwah Islam (GDI), Selasa (11/9). Kegiatan tersebut bertema menciptakan NKRI aman, damai dan sejahtera.

Ketua PHBI sekaligus Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Singaparna KH Ucu Suryadayana mengatakan diharapkan kegiatan ini mampu membawa masyarakat hijrah dari hal buruk ke yang lebih baik. Sehingga bisa membangun kebersamaan dan persatuan serta kesatuan bangsa. “Tahun baru ini kita harus hijrah dari yang asalnya malas menjadi semangat dan meningkatkan hal-hal yang baik,” ungkapnya.

Sedangkan untuk acara ini dimulai dengan pawai taaruf, pentas seni dan santunan anak yatim. “Mudah-mudahan pada tahun baru Islam ini pesantren menjadi fondasi untuk memperkuat karakter, mental, akhlak anak dan masyarakat yang dibangun oleh agama,” terangnya. Untuk mewujudkan hal tersebut harus ada sinergis antara pemerintah, ulama dan masyarakat. Karena negara ini tidak bisa dibangun oleh seorang diri, melainkan dengan kerja sama gotong royong.

Plt Camat Singaparna Asep Faturohman peringatan hari besar ini harus dimaknai dengan baik oleh masyarakat. “Mari kita sebagai umat Islam hijrah dari yang tidak baik menjadi lebih baik dari yang tadinya kurang beribadah lebih ditingkatkan lagi,” katanya.

Kata dia, pihaknya mengaku bangga kegiatan ini bisa berlangsung sangat meriah yang melibatkan berbagai unsur masyarakat. “Mudah-mudahan tahun depan bisa semakin meriah. Bahkan bila perlu menggunakan kendaraan supaya bisa melalui semua desa di Singaparna,” harapnya.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Singaparna Asep Muhammad Nurman mengungkapkan bahwa kegiatan PHBI tahun baru Islam ini intinya ingin membangun ukhuwah islamiah yang solid. “Kami ingin mengambil satu hikmah dari kegiatan ini bahwa tahun baru Islam harus dibangun kebersamaan,” paparnya.

Kepala Desa Singaparna H Utep Y Sudrajat mengapresiasi kegiatan ini yang melibatkan semua unsur masyarakat. “Kami berharap masyarakat bisa menjaga kebersamaan ini untuk selalu kompak dalam menjalani kehidupan dan mampu hijrah menjadi lebih baik,” harapnya. (dik)

loading...