Tahun Baru, Taman Raflesia Ditutup

104
0

CIAMIS – Taman Raflesia Ciamis belum bisa dimanfaatkan oleh masya­rakat selama malam tahun baru 2019. Pasalnya, taman ini masih direvitalisasi.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis H Oman Rohman menerangkan revitalisasi Taman Raflesia Ciamis belum beres. Sehingga tidak bisa dipakai masyarakat untuk merayakan tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya. “Meski akhir masa kontrak revitalisasi sampai 23 Desember 2018, tapi penghalang belum akan kami buka. Karena masih dalam tahap pemeliharaan,” jelas Oman kepada wartawan, Selasa (11/12) siang.

Oman khawatir bila Taman Raflesia dibuka di malam tahun baru, tanaman dan rumput yang baru ditanam malah rusak. Apalagi masyarakat yang datang ke taman itu mencapai ribuan. Selain itu, setelah proses revitalisasi selesai, taman juga belum dibuka. Lantaran, pemerintah akan membuat kesepakatan dengan pedagang kaki lima (PKL) berkaitan dengan ketertiban.

“Tapi masyarakat tidak perlu khawatir. Karena ada alternatif untuk melak­ sanakan tahun baruan. Di antaranya ada Taman Lokasana dan area venue BMC Ciamis dan ada Taman Anggur dekat Masjid Agung Ciamis,” jelas Oman.

Dia berharap masyarakat bisa memaklumi kondisi tersebut. Pemerintah sedang berupaya menata kawasan alun-alun dan taman agar lebih bagus. “Pemerintah Ciamis sedang mengubah wajah pusat perkotaan lebih indah dan tertata lagi,” paparnya.

Untuk menata taman-taman itu, kata Oman, membutuhkan da­na mencapai Rp 21 miliar. Pada awal tahun ini, pemkab sudah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 2,3 miliar. Anggaran ini dipakai untuk merevitalisasi bagian tengah Taman Raflesia. Penataan taman itu akan dilaksanakan sesuai dengan keter­sediaan anggaran. “Masyarakat mohon bersabar,” jelas dia. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.