Tahun Ini, 11 Desa di Manonjaya ODF

34
UJANG NANDAR / RADAR TASIKMALAYA RAPAT. Kepala Puskesmas Kecamatan Manonjaya Ijang Budiana Nur rapat soal ODF di ruang kerjanya Senin (14/1).

MANONJAYA – Kepala Puskesmas Kecamatan Manonjaya Ijang Budiana Nur menargetkan pada tahun ini wilayahnya Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari buang air besar sembarangan. Upayanya memberikan pemahaman intens kepada masyarakat mengenai ODF.

“Tahun kemarin kita sudah deklarasi ODF baru di Desa Manonjaya. Sementara di Manonjaya ada 12 desa, jadi kita targetkan tahun ini semuanya sudah ODF,” ujarnya kepada Radar di kantornya, Senin (14/1).

Kata dia, guna merealisasikan target tersebut, pihaknya menyusun langkah sosialisasi ODF kepada 11 desa itu secara intens. Karena butuh kerja ekstra untuk memberikan pemahaman yang benar terkait kesadaran tidak buang air besar sembarangan.

“Memang harus kerja sama dengan lintas sektoral. Karena di Manonjaya masih ditemukan tempat pembuangan air besar di kolam-kolam ikan. Target awal kita menghilangkan tempat tersebut,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga memberikan pemahaman soal bahayanya buang air besar sembarangan. “Dampak buruknya kan sudah jelas, seperti bisa berakibat kepada diare dan muntaber ketika buang air besar sembarangan,” jelasnya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.