Baru 70 Desa yang Sudah Mencairkan

Tahun Ini, Dana Desa Naik 65 Miliar

114

TASIK – Dana desa (DD) tahun ini mengalami peningkatan 65 miliar. Sebeumnya Rp 320 menjadi Rp 390 miliar. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kabupaten Tasikmalaya, Maman Suryaman kepada Radar, Senin (18/3).

Kata dia, meningkatnya dana desa diharapkan lebih mengakomodir pembangunan sesuai aspirasi masyarakat. Tahun ini, anggaran tersebut masih diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Lanjut dia, untuk pencairan dibagi menjadi tiga tahap dari total DD yang dikeluarkan terhadap desa tersebut. Namun, saat ini dari 351 desa penerima baru 70 yang sudah bisa mencairkannya. Sedangkan sisanya masih dalam proses.

Tambah dia, dana desa yang diterima variatif. Mulai dari paling besar Rp 1,5 miliar dan Rp 800 juta untuk yang terkecil. Besaran DD ditentukan berdasarkan kondisi dari desa itu sendiri. Misalnya desa tersebut masih tertinggal, belum berkembang, tingkat kemiskinan masih tinggi, letak geografis, jumlah penduduk dan luas wilayahnya.

“Jadi desa yang masih tertinggal, alokasi dana desanya banyak. Berbeda dengan yang sudah maju, tidak terlalu besar,” katanya.

Terpisah, Kepala Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah, Yayan Siswandi mengapresiasi atas konsistensi pemerintah pusat yang terus meningkatkan dana desa. “Dulu desa sulit ketika ingin membangun, karena keterbatasan anggaran pemerintah daerah,” terangnya.

Kepala Desa Cisayong, Yudi Cahyudin menambahkan dana desa merupakan program yang dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat. “Kami sangat berterima kasih sekali atas hadirnya dana desa,” paparnya.

Lanjut dia, Pemerintah Desa Cisayong merencanakan DD tahun ini dialokasikan untuk pembangunan tambahan di Lapang Sepak Bola Sakti Lodaya. Seperti jogging track, lapangan latihan dan pagar kawat. “Kami fokus ke situ, karena ingin betul-betul memaksimalkannya,” pungkasnya. (obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.