Tahun Ini, Tak Ada ”Piknik” Politik

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIHIDEUNG – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Kesbangpol tidak akan melakukan pembinaan partai politik. Program tersebut biasanya dilakukan di dalam dan di luar kota yang diisi outbond.

Kepala Kesbangpol Kota Tasikmalaya Iwan Kurniawan mengatakan bahwa program tersebut tahun ini memang tidak ada. Pasalnya Pemkot tidak memberikan anggaran untuk pelaksanaannya. “Tahun ini juga kita ajukan, tapi Pemkot tidak meng­angg­arkannya,” ujarnya.

Alasan anggaran program tersebut ditiadakan, Iwan mengaku tidak tahu. Hal itu merupakan pertimbangan dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) dengan persetujuan DPRD. “Kami tidak tahu alasannya kenapa,” tuturnya.

Dari pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, program tersebut berupa pembinaan kepada kader-kader partai politik. Mereka mendapatkan pendidikan dan diskusi politik. Para peserta juga dibawa ke luar daerah.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Tasikmalaya Kepler Sianturi menyayangkan program tersebut ditiadakan. Menurutnya, hal itu sangat bermanfaat bagi para kader partai politik. “Sayang sekali. Kenapa tahun ini tidak dianggarkan,” tanyanya.

Selain itu, jalinan silaturahmi antar parpol pun bisa semakin kuat sehingga berefek kepada kondusivitas pemilu. Buktinya, Kota Tasikmalaya mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara pemilu terbaik saat Pilkada 2017. “Daripada anggarannya dipakai buat memindahkan (Tugu) Adipura,” kritiknya. (rga)

loading...