Tahun Ini Tak Ada UTBK SBMPTN

43

JAKARTA – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengusulkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) pada 2020 dimajukan menjadi akhir 2019. Tujuannya agar siswa fokus dengan Ujian Nasional (UN).

Terkait hal tersebut, Kepala Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi memastikan UTBK SBMPTN tak akan diselenggarakan lagi tahun ini. Menurutnya rencana tersebut belum ada. Dan dipastikan penyelenggaraan akan dilaksanakan tahun depan.

“Belum ada rencana akan menyelenggarakan kembali UTBK. Kemungkinan masih tahun depan,” kata, Kamis (15/8).

Dijelaskan Ravik, apa yang disampaikan Menristekdikti M Nasir masih sebatas wacana dan belum diputuskan.

“Kemungkinan besar UTBK baru akan diselenggarakan tahun depan dengan masa pendaftaran mulai Maret dan pelaksanaan gelombang satu mulai April seperti tahun ini,” katanya.

Sebelumnya, Menristekdikti mengusulkan UTBK SBMPTN pada 2020 dimajukan menjadi November 2019. Jika demikian, siswa yang akan mengikuti SBMPTN bisa fokus dengan Ujian Nasional (UN).

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim mengatakan rencana memajukan UTBK sudah dimatangkan pihaknya. Akan tetapi tanggal pelaksanaannya belum ditentukan.

Dijelaskannya, tes masuk perguruan tinggi negeri segmen UTBK bakal dihelat saat siswa SMA menginjak semester 5.

“Sehingga siswa SMA yang sudah kelas 3 itu sudah mulai ikut seleksi,” jelasnya.

Dikatakannya, proses ujian masuk perguruan tinggi di berbagai negara dilakukan sebelum murid SMA lulus. Misalnya, Australia, Singapura, dan Amerika Serikat.

“Ya seperti di Australia itu orang bisa daftar perguruan tinggi pas kelas tiga sebelum lulus. Singapura juga, AS juga, jadi tujuannya untuk memperluas kesempatan,” kata Ainun.

Selain itu, ia juga menyebut akan ada kemungkinan penambahan jumlah gelombang pada tes tersebut. Ainun berharap siswa-siswi bisa mendapatkan kesempatan lebih banyak agar dapat diterima di perguruan tinggi yang diinginkan.(gw/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.