PHRI Terus Mendorong Garut Selatan Jadi DOB

Tak Ada Alasan Menunda

32
0
Herri Juliardi Taufiq Ketua PHRI Kabupaten Garut

TAROGONG KIDUL – Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut terus mendorong pemerintah untuk secepatnya melepas wilayah Garut Selatan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Ini harus disegerakan. Tidak ada alasan untuk menunda-nunda. Sayang kalau dibiarkan. Potensi berkembangnya sangat besar,” ujar Wakil Ketua PHRI Kabupaten Garut Herri Juliardi Taufiq kepada Rakyat Garut melalui saluran teleponnya Minggu (24/3).

Menurut dia, banyak potensi di wilayah Garut Selatan yang selama ini belum tergali serta dikembangkan. Hal itu karena saat ini pemerintah kabupaten tidak fokus dalam menata dan mengembangkan wilayah selatan.

Kalau Garut Selatan menjadi DOB, kata dia, semua potensi akan tergali dan berkembang, salah satunya destinasi wisata. “Garut Selatan ini punya banyak objek wisata, baik itu alam maupun pantai. Ini potensi menghasilkan PAD jika dikembangkam dan dikelola dengan fokus,” terangnya.

Selain mempunyai banyak destinasi wisata, akses untuk menuju wilayah selatan sangat banyak. Bisa diakses dari berbagai wilayah di selatan Jawa Barat. “Ada lima pintu masuk ke Garut Selatan. Bisa dari Bandung langsung, bisa dari Cidaun, Cianjur, dari Kabupaten Tasikmalaya juga bisa,” terangnya.

Heri menerangkan dengan banyaknya pintu masuk dan pariwisatanya, maka wisatawan yang datang ke Garut Selatan akan lebih banyak. “Asalkan masyarakatnya sudah sadar wisata, ini potensi bagus yang dimiliki Garut Selatan,” terangnya.

Bukan hanya periwisatanya yang berkembang, tetapi akan berdampak positif terhadap pertumbuhan hotel dan restoran di Garut Selatan. “Masyarakatnya harus sadar wisata dulu. Tidak ada premanisme. Sehingga investor banyak datang ke Garsela,” terangnya.

Jika potesi tersebut berkembang dengan baik, maka akan berdampak positif terhadap pendapatan asli daerah (PAD). Melihat potensi itu, Garut Selatan sangat layak menjadi DOB. “Sekarang ini tinggal tindakan dari pemerintah pusat saja, karena Garut Selatan ini sangat layak sekali menjadi DOB,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.