Beranda Hoak atau Bukan Tak Ada Aligator di Gatorade

Tak Ada Aligator di Gatorade

50
0
BERBAGI

SEBUAH petisi online konyol muncul di internet. Isinya mengajak netizen untuk menghentikan pembunuhan aligator dalam minuman Gatorade.

Hingga kemarin, petisi itu ditandatangani 121 orang. Kebanyakan percaya memang minuman energi itu berasal dari kencing atau cairan lain dari tubuh aligator.

“Miliaran alligator dibunuh setiap minggu untuk keperluan minuman atlet yang lezat. Kita harus mengakhiri ini atau kita tak akan pernah lagi melihat alligator,” tulis pembuat petisi di thepetitionsite.com. Petisi itu disebarkan di media sosial oleh netizen-netizen dari luar negeri. Misalnya oleh akun Facebook Stop Animal Crulety.

Benarkah Gatorade memiliki kandungan dari cairan di tubuh aligator? Ternyata, hal itu bermula dari isu yang berkembang di internet pada 2011.

Semula, banyak yang menanyakan hal tersebut di forum-forum internet, termasuk Yahoo Answer. Pertanyaan seperti itu muncul karena sebelumnya juga beredar pertanyaan konyol. Salah satunya seperti ini.

“Kalau minuman lemonade terbuat dari lemon, lantas Gatorade apakah terbuat dari gator (alligator)?”

Aligator merupakan keluarga buaya. Perbedaan aligator dengan buaya terletak di bagian mulut dan gigi. Satwa itu disebut memiliki habitat utama di Amerika Serikat dan Tiongkok.

Dikutip dari situs gaya hidup sehat Livestrong.com, tidak ada kandungan aligator dalam minuman Gatorade. Itu murni ilmu gatuk karena ada kata “gator”.

Daftar bahan dalam Gatorade, sebagaimana ditulis Livestrong, antara lain, filtered water, brominated vegetable oil, sucralose, sirup jagung berfruktosa tinggi, asam sitrat, perasa alami, garam, natrium sitrat, monopotassium phosphate, glycerol ester, dan pewarna buatan.

Isu soal kandungan aligator dalam Gatorade ternyata tidak hanya menyebar di situs petisi online. Dikutip dari situs pengungkap fakta Snopes.com, isu tersebut juga berembus lewat sebuah foto hasil rekayasa digital.

Foto itu menggambarkan seorang perempuan yang sedang berdemonstrasi. Perempuan itu membawa papan bertulisan “Stop Killing Aligator To Make Gatoraid”.

Ternyata, foto itu, aslinya, seorang pendemo di Inggris yang membawa tulisan “I’m Really Not Happy About This”. Sejauh ini, tampaknya, belum ada netizen di Indonesia yang terjebak dengan kabar palsu soal Gatorade dari aligator. (gun/c19/oni)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here