Tak Ada Beras Impor di Pasar Kota Tasik, Kebutuhan Dipasok dari Luar Daerah

34
0
Loading...

TAWANG – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya belum menemukan adanya beras impor di Pasar Tradisional Kota Tasikmalaya. Sampai saat ini untuk memenuhi kebutuhan beras di Kota Tasikmalaya didatangkan dari Luar daerah.

Kepala Bidang Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya Enung Nurteti mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menemukan di Kota Tasikmalaya adanya beras impor, seperti dari Vietnam.

“Untuk kita yang paling jauh hanya luar Jawa untuk yang beras dijual di pasar, seperti Indramayu dan Wonosobo,” katanya kepada Radar, Selasa (19/1).

Baca juga : Exit Tol Kota Tasik di Cibeuti, Ini 16 Kelurahan yang Terlintasi

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, para pedagang mendatang beras dari Kabupaten Tasikmalaya, Banjar Ciamis.
“Untuk beras impor tidak ada, bahkan kami sudah menyatakan bahwa saat operasi pasar,” kata dia.

loading...

Enung menjelaskan, untuk beras yang dijual di pasar memang tidak ada beras produk impor.

Apalagi saat ini, Kota Tasikmalaya sendiri akan menghadapi panen serentak. Saat ini kondisi tanaman padi di Kota Tasikmalaya sudah mulai berbuah. Bahkan sudah ada yang berisi. “Tinggal satu bulan lebih lah kita akan panen untuk tanaman padi ini,” kata Enung.

Kepala UPTD Pasar Cikurubuk Udin mengatakan, memang selama ini di Pasar Cikurubuk tidak ada pedagang yang menjual beras impor. Kebanyakan mereka menjual beras dari daerah Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar. “Meskipun ada beberapa beras luar Jawa,” kata dia.

Menurut dia, jangan sampai ada beras kualitas impor tersebut karena memang bisa merugikan penjual dan juga para petani.

“Kalau ada impor dengan harga yang lebih murah, beras lokal tidak akan laku, mudah-mudahan beras tersebut tidak masuk ke Pasar Cikurubuk, karena akan merugikan pedagang,” kata Udin. (ujg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.