Tak Ada Shalat Idul Adha di Masjid Agung Ciamis

453
0

CIAMIS – Di masa pandemi Covid-19, Pemkab Ciamis memutuskan tidak akan melaksanakan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban tingkat kabupaten untuk tahun ini.

Namun demikian, pemerintah membolehkan masyarakat di daerah untuk menunaikan salat Idul Adha di masjid dan lapangan.

Baca juga : Ciamis Punya 2 Pintu Tol, Begini Kata HIPMI

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya MM dalam surat edarannya menyebutkan tidak menyelenggarakan Salat ldul Adha 1441 H/2020 M tingkat Kabupaten Ciamis.

Artinya tidak ada Salat Idul Adha tingkat Kabupaten Ciamis di halaman Masjid Agung Ciamis atau Alun-alun Ciamis.

Masih dalam surat edaran yang sama, masjid besar kecamatan yang terletak di pinggir jalan raya atau berpotensi didatangi jamaah dari luar lingkungan, juga tidak diperbolehkan menyelenggarakan Salat Idul Adha berjamaah.

Loading...

Dalam edaran itu disebutkan, warga di daerah masih diizinkan melaksanakan salat Idul Adha berjamaah di masjid atau lapangan dengan catatan bahwa di daerah tersebut dinyatakan terkendali dan bebas Covid-19.

“Tentunya masyarakat di daerah tersebut bersifat homogen,” paparnya.

Masyarakat yang akan menunaikan Salat Idul Adha harus melaksanakan protokol kesehatan.

Diantaranya, mencuci tangan, memeriksa suhu tubuh, memakai masker dan menjaga jarak satu meter. Mereka juga tidak melakukan kontak fisik seperti bersalaman.

Baca juga : BPBD Ciamis Salurkan 5.000 Liter Air Bersih ke Sukajaya Pamarican

Bagaimana dengan takbir keliling? “Sebaiknya takbiran dilaksanakan di masing-masing masjid dengan menerapkan protokol kesehatan corona yang ketat,” imbaunya.

Ketua DKM Masjid Agung Ciamis H Wawan S Arifien menjelaskan berdasarkan beberapa pertimbangan, memang Salat Idul Adha tingkat Kabupaten Ciamis tidak dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.