Tak Ada Uang yang Diterima Pegawai

3

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KIDUL – Dua pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut yang diperiksa tim Saber Pungli Jawa Barat telah dipulangkan. Hal tersebut diutarakan Bupati Garut H Rudy Gunawan.

Menurut dia, kedua pegawai tersebut hanya dimintai keterangan. “Belum ada transaksi apapun. Tidak ada uang yang diterima oleh dua pegawai itu,” terangnya kepada wartawan usai kegiatan di Bappeda Kabupaten Garut Kamis (13/9).

Dia menuturkan saat penggerebekan oleh Tim Saber Pungli di Disdukcapil, memang ada seorang calo yang diduga akan bertransaksi dengan petugas untuk mengurus pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Memang ada calo yang kedapatan akan bertransaksi dan akan memberikan uang Rp 200 ribu untuk mengurus KTP. Tapi uang itu belum diberikan (kepada pegawai Disdukcapil),” terangnya.

Sementara itu, terang dia, meski dinyatakan tidak bersalah, pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap para pegawai tersebut, umumnya kepada seluruh pegawai di Disdukcapil.

Hal ini karena Disdukcapil bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat.

“Pembinaan dilakukan menunggu bu kadis pulang dari kegitan di luar kota. Kami lakukan pembinaan untuk meningkatkan integritasnya sebagai pegawai,” ujarnya.

Rudy mengakui di luar kantor Disdukcapil banyak masyarakat yang mengaku bisa membantu mengurus dokumen kependudukan, seperti KTP dengan syarat harus membayar sejumlah uang. Padahal, kata dia, mengurus KTP tidak ada pungutan biaya.

“Di dalam kantor itu, oknum-oknum ini menekan pegawai. Banyak gaya-gaya calo yang menekan. Pegawai juga takut kalau ditekan,” terangnya.

Terpisah, Kepala Seksi Identitas Disdukcapil Kabupaten Garut Ila Nurlaela mengakui pada saat didatangi Tim Saber Pungli, dirinya dan para pegawai Disdukcapil lainnya tengah memproses pencetakan E-KTP yang sudah lama.

“Kami tidak pernah melakukan pungli, karena berlawanan dengan aturan. Sama sekali tidak ada pungutan,” akunya. (yna)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.