Tak Akan Berdampak terhadap Ekonomi

295
0
WISATA. Taman Wisata Ciwulan (TWC) dinilai Komisi II DPRD tidak berdampak kepada perekonomian masyarakat.

SINGAPARNA – Pem­bangunan dan pengembangan Taman Wisata Ciwulan (TWC) terus menuai kritik. Kali ini Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tasikmalaya Hj Nina Supriatin SE menilai pembangunan kawasan wisata tersebut tidak akan berdampak kepada pe­ning­katan ekonomi masyarakat. Me­ngingat lokasinya tidak sesuai dan tanpa ada kajian matang ketika pembangunannya.

Menurut Nina, dari mulai perencanaan, kajian lingkungan, sosial dan ekonomi serta pelak­sanaan pembangunan TWC tidak matang sehingga tak ada daya jual bagi pengunjung untuk berwisata ke kawasan yang pembangunannya menghabiskan anggaran sekitar Rp 2,5 miliar. “Masyarakat di sekitar TWC tidak bisa berjualan atau membuka usaha, karena TWC tidak ramai pengunjung,” ujar Nina saat dihubungi Radar, Jumat (27/4).

Ma­ka dari itu, Komisi II me­min­ta kepada Dis­parpora dan di­nas lainnya un­tuk memper­tim­bangkan dampak per­tum­bu­han ekonomi pada setiap pem­bangunan, terlebih objek wisata. “Yang namannya membangun destinasi wisata baru harus ada kajian yang benar-benar matang dari berbagai aspek, terlebih efek terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena destinasi wisata targetnya memang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Dia menyarankan dalam setiap pembangunan wisata harus menyediakan wahana-wahana yang menarik untuk dikunjungi. Kemudian akses menuju lokasi juga harus menjadi pertimbangan yang matang. Termasuk memfasilitasi masyarakat sekitar dalam mengembangkan usahanya. Sehingga dengan hadirnya destinasi wista bisa menjadi perangsang geliat usaha masyarakat.

Terpisah, Ketua Forum Penyelamat Ekonomi Rakyat (FPER)  Kabupaten Tasikmalaya Asep Abdul Ropik mengatakan dampak dari dibangunnya TWC sebenarnya tidak ada sama sekali buat ekonomi masyarakat sekitar. Karena dilihat dari program pembangunannya juga terkesan dipaksakan tanpa memperhatikan dampak ekonomi.

“Masih banyak wisata yang harus di kembangkan dan ditingkatkan seperti Gunung Galunggung dan Cipatujah dibandingkan membangun yang baru dan belum jelas. Kembangkan dulu yang sudah ada, baru buat wisata baru. Sekarang TWC program pembangunan yang sia sia, terkesan tergesa-gesa tidak ada tujuan yang jelas,” pungkasnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.