Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

0.9%

60%

2.4%

0.2%

4.5%

20.1%

11.7%

0%

0.1%

0%

Tak Berizin Tower Dibongkar

57
0
BONGKAR. Menara selular di Kampung Nagrog Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi, dibongkar lantaran belum mengantongi perizinan Jumat (20/12). Firgiawan / Radar Tasikmalaya

MANGKUBUMI – Menara selular yang sudah berdiri tegak di Kampung Nagrog Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi dibongkar, Jumat pagi (20/12). Pembongkaran dilaksanakan usai Satpol PP melepas segel yang menempel pada bagian menara.

Penyidik Satpol PP dan Damkar Kota Tasikmalaya Budhi Hermawan SH MH mengatakan pembongkaran tower tersebut dilakukan oleh pemilik menara tersebut. Karena ada salah satu warga dalam radius yang menolak pendirian tower tersebut, sehingga izin mendirikan bangunan (IMB) tak kunjung terbit.

“Adanya pembongkaran tower diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi perusahaan tower lain, ketika hendak investasi di Kota Tasikmalaya harus perhatikan peraturan dan perizinan. Terutama aspek sosial, karena salah satu syarat IMB adalah persetujuan warga dalam radius,” katanya memaparkan disela penurunan material menara.

Dia mengapresiasi pihak perusahaan patuh dan taat serta menerima bahwa menara tersebut harus dibongkar. Itu menjadi contoh bagi perusahaan lain, ketika belum lengkap perizinan jangan memaksa mendirikan apalagi sampai beroperasi.

“Berkaca kepada kasus ini, hampir secara keseluruhan kasus bermunculan kaitan tower adalah di aspek sosial yakni persetujuan warga,” tuturnya.

“Perlu adanya edukasi terhadap warga kaitan dampak positif dan negatif pendirian tower. Edukasi itu dilaksanakan ketika sosialisasi, maka sosialisasi bukan cuma tatap muka meminta persetujuan saja, tapi memberi pencerahan bagi warga dan masyarakat bisa berpikir tanpa terintervensi pihak mana pun saat melakukan persetujuan,” sambungnya membeberkan.

Ketua RW 14 Perumahan Situ Gede Indah Usep Abdurrahman mengatakan belakangan pendirian tower tersebut sempat memacu kegaduhan antar warga. Baik internal perumahan, mau pun warga Kampung Nagrog. Di mana, posisi tower berada di wilayah kampung yang radiusnya berdekatan dengan kompleks perumahan. “Semoga ini yang terbaik, warga kembali kondusif dan semua dapat memetik hikmahnya,” ucap dia. (igi)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.