Tak Bisa Lagi Leluasa Merokok di Ruangan

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAWANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya menyerahkan bantuan kanopi ke Pemerintah Kecamatan Tawang untuk menunjang pembangunan tempat khusus perokok, Jumat (14/9).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Sarwono mengatakan tahun ini pihaknya memiliki anggaran untuk pembangunan lima tempat merokok. “Salah satunya di Kantor Kecamatan Tawang ini,” katanya saat penyerahan tempat merokok di Kantor Kecamatan Tawang kemarin.

Menurutnya, tempat khusus merokok itu akan dibangun di kompleks perkantoran. Penyediaan tempat khusus tersebut untuk menyongsong Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok (KTR) yang saat ini sedang dirancang.

“Karena ada daerah yang harus bebas asap rokok. Seperti institusi kesehatan, sekolah, tempat ibadah dan tempat bermain anak itu tidak ada tempat merokok baik di ruangan atau halamannya,” ungkap dia.

Di daerah perkantoran memang masih diperbolehkan merokok. Asal berada di ruang terbuka. Maka dari itu, disediakanlah tempat khusus merokok biar tidak memberikan dampak ke orang yang tidak merokok. “Di Kecamatan Tawang ini di halamannya akan dipasang kanopi. Sehingga masyarakat yang menunggu pelayanan dan merokok tidak merokok di dalam ruangan,” papar Sarwono.

Sarwono menjelaskan tempat merokok yang akan dibangun nantinya terbuka langsung. Hanya disediakan tempat duduk dan tempat membuang puntung rokoknya. “Mudah-mudahan ini menjadi contoh instansi lainnya untuk menyediakan tempat merokok,” kata dia.

Camat Tawang Drs H Deni Diyana MSi mengapresiasi bantuan kanopi untuk penunjang pembangunan tempat khusus perokok. “Ini cukup membantu kami, karena memang selama ini kami belum mempuyai space area merokok,” ujar dia.

Dia berharap pengaturan tempat khusus merokok itu mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Dan masyarakat bisa menyadari bahwa merokok itu membahayakan. Apalagi di ruangan,” tuturnya. (ujg)

loading...