Tak Cukup dengan Sistem Zonasi Guru

84
0
DIWAWANCARA. Sekda Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan. firgiawan / radar tasikmalaya

CIHIDEUNG – Setelah sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB), Pemerintah Pusat mewacanakan pengaturan zonasi guru. Namun, dalam pemerataan kualitas pendidikan, sarana prasarana (sapras) pun juga perlu diperhatikan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan menyebut, saat ini masih terlihat ketimpangan di beberapa sekolah di wilayah pusat kota dengan di pinggir kota. “Kita harap, pemerintah pusat juga setelah mengatur zonasi guru bisa mengarah ke sarpras,” tuturnya kepada Radar.

Menurutnya, pemerintah pusat menerapkan sistem zonasi siswa dan merencanakan zonasi guru itu untuk melakukan pemerataan kualitas lembaga pendidikan. Prinsipnya dengan zonasi, potensi siswa unggul tidak terpusat di suatu titik namun tersebar di wilayah masing-masing. “Tapi kan tidak serta-merta pemerataan dengan zonasi, sekolah bisa tiba-tiba bagus penyelenggaraan kegiatan pendidikannya. Maka mungkin pusat nanti berlakukan zonasi guru, supaya tenaga pendidiknya bagus-bagus juga tersebar,” katanya.

Di sisi lain, kata dia, jumlah guru yang bertugas di lingkungan Pemkot Tasikmalaya saat ini terus berkurang. Setiap bulannya, dari sekitar 35 sampai 40 pegawai yang pensiun sebagian besar merupakan kalangan guru. “Kita juga berupaya mendorong regenerasinya, baik melalui usulan CPNS maupun PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak, Red.),” ucapnya.

“Sejauh ini juga belum ada informasi lagi, kaitan PPPK. Tapi untuk formasi CPNS memang secara ketentuan juga banyak kuota setiap tahunnya untuk tenaga pendidik dan kesehatan,” sambung Ivan.


Dia berharap kebijakan yang diberlakukan pemerintah bisa diimplementasikan di daerah dengan baik. Meski proses adaptasi tidak bisa dielakkan, termasuk saat awal penerapan sistem zonasi. “Ya kita harap sistem pendidikan semakin baik, salah satunya zonasi guru yang tengah diwacanakan juga tujuannya bagus pemerataan kualitas,” kata dia. (igi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.