Tak Dibantu Pemerintah, Rutilahu di Banjarsari Ciamis Direhab Warga

92
0
ISTIMEWA GOTONG ROYONG. Masyarakat bergotong royong memperbaiki rumah tidak layak huni milik Tonah di Dusun Ciherang Desa Ciherang Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis, Minggu (12/7).

CIAMIS – Rumah tidak layak huni (rutilahu) milik Tonah (65), warga Dusun Ciherang RT/RW 09/02 Desa Ciherang Kecamatan Banjarsari yang tidak dibantu pemerintah akhirnya diperbaiki secara swadaya masyarakat dan anggota DPRD, Minggu (12/7) pukul 10.00 WIB.

Rumah berukuran 5,5 x 3,5 meter persegi itu diperbaiki dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp 15 juta lebih secara swadaya.

Baca juga : Data Pemilih Pilkades Ciamis Masih Direkap

Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ciherang Abdulrahman AMA menerangkan, rumah janda lanjut usia (lansia) itu dibangun oleh para pemuda sekitar dan anggota Komisi A Ciamis dari Fraksi PKB Nopi Zaenudin dari hasil urunan terkumpul anggaran sebesar Rp 15 juta.

“Kami bangun secara swadaya ini karena hati masyarakat serta semua pihak tergerak. Rumahnya benar tidak layak dan nyaris ambruk. Makanya kami bangun lagi agar lebih nyaman ditinggalinya,” tutur Abdulrahman.

Warga, kata dia, sangat prihatin melihat kondisi rumah Tonah. Sejak dibangun sekitar 1979, rumah tersebut belum pernah diperbaiki. Janda lansia itu masuk kategori miskin dan anak-anaknya bekerja serabutan. Namun, keluarga yang tidak berdaya secara ekonomi itu belum pernah mendapatkan bantuan rutilahu dari pemerintah.

Loading...

Tidak hanya perbaikan rumah, warga sekitar juga kerap membantu kebutuhan sehari-hari keluarga Tonah.

“Dia sudah tidak bekerja lagi sebagai buruh pembuat sapu lidi karena terdampak corona,” katanya.

Saat rumah masih dalam tahap perbaikan, Tonah mengungsi sementara ke tempat tinggal saudaranya. Abdulrahman berharap perbaikan bisa selesai secepatanya agar bisa ditinggali oleh penghuninya dengan aman dan nyaman. “Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu semoga menjadi amal ibadah,” ujar dia.

Anggota Tagana Kabupeten Ciamis Uju Suparman mengatakan, pihaknya dan para pemuda bergerak membantu memperbaiki rumah Tonah. Setiap orang mempunya perannya masing-masing.

Ada yang memberikan kebutuhan material, makanan dan tenaga. Dengan demikian, perbaikan rumah bisa berjalan lancar. “Kami akan terus membantu sampai selesai pembangunan rumah tersebut,” kata dia.

Baca juga : Madu dari Banjaranyar Ciamis Dipasarkan Hingga Jakarta

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Ciamis Nopi Zaenudin bersyukur masyarakat bisa kompak membantu warga miskin di lingkungannya.

“Kami bangga degan kekompakan itu. Meskipun bantuan rutilahu tidak ada, namun warga inisiatif kepedulian sosialnya tinggi. Semoga ini tetap dipertahankan,” ujar anggota dewan asal Banjarsari ini. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.