Tak Jadi Berangkat, Calhaj Kota Tasik Kecewa

483
0

KOTA TASIK – Pengumuman pembatalan pemberangkatan jamaah haji tahun 2020 membuat para calon jamaah haji (Calhaj) Kota Tasik kecewa.

Pimpinan Kanomas Kota Tasik, layanan travel ibadah haji, Adhi Purnama mengatakan, adanya pembatalan pemberangkatan ibadah haji pada 2020, membuat banyak jamaahnya kecewa.

Namun, hingga saat ini pihaknya belum menerima keputusan resmi dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) terkait keputusan itu.

“Sementara ini kita baru mengetahui melalui media, tapi belum ada surat resmi ke kita. Kalau benar tidak diberangkatkan, kami kecewa. Intinya itu,” kata dia saat dihubungi wartawan, Selasa (02/06).

Ia menerangkan, pihaknya masih menunggu kejelasan dari pemerintah terkait kabar pembatalan ibadah haji tahun ini.

Sebab, sudah banyak calhaj yang menanyakan terkait masalah itu kepada jasa travelnya.

Ia juga belum bisa mengambil sikap terkait dana para calhaj. “Apakah dana haji harus dikembalikan atau untuk berangkat tahun berikutnya. Kita nurut saja dengan keputusan pemerintah. Tapi kita masih berharap ibadah haji tetap bisa dilaksanakan,” terangnya.

Sekadar diketahui, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi memastikan pembatalan keberangkatan jamaah haji karena pemerintah harus mengutamakan keselamatan jamaah di tengah pandemi Covid-19 yang belum selesai.

“Saya hari ini telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/ 2020 M,” kata dia.

Menag mengatakan, sesuai amanat undang-undang (UU), persyaratan melaksanakan ibadah haji selain mampu secara ekonomi dan fisik, juga harus memperhatikan kesehatan, keselamatan, dan keamanan jamaah haji harus dijamin serta diutamakan.

Artinya harus dijamin keselamatan dan keamanan jamaah sejak dari embarkasi atau debarkasi, dalam perjalanan, dan saat di Arab Saudi.

(rezza rizaldi)

Baca juga : New Normal, Warga yang Mau Masuk Kota Tasik Harus Tunjukan Ini..
Baca juga : Test Swab Massal & Isolasi 30 Warga di Buninagara Kota Tasik
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.