Tak Puas Pelayanan Hukum Polres Ciamis Soal KDRT, Anggota Dewan Lapor Polda Jabar

401
0

CIAMIS – Merasa kecewa dengan perlakuan hukum di Polres Ciamis, anggota DPRD Ciamis H Suyono, yang terlibat dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dengan istrinya, akhirnya melapor ke Polda Jabar.

Kuasa hukum H Suyono, Zaenal Abidin SH MH  yang didampingi Syaiful Akbar SH menuturkan, bahwa dalam kasus KDRT ini klientnya telah ditetapkan tersangka. Pun, dengan status istri kliennya, juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Penetapan tersangka terhadap Suyono harus kita tinjau kembali. Sebab, banyak keganjilan dan hari ini mulai dengan babak baru dimana pihak Wasidik Polda Jabar akan melakukan sidang Gelar khusus dengan dihadiri para pihak yakni Irwasda, Propam, para Kasubdit Krimum Polda Jabar, penyidik Polres Ciamis, pelapor, terlapor dan saksi-saksi,” paparnya.

Penetapan gelar ini, kata dia, bukan sembarang keputusan, karena aturan tentang gelar khusus ini diatur dalam Perkap Kapolri No 6 tahu 2019 tentang penyidikan tindak pidana.

Pelaksanaan gelar perkara khusus ini dilakukan oleh karena Pihak Polda Jabar, telah menerima pengaduan masyarakat (Dumas) dari Suyono.

Terlebih perkara ini telah menjadi perhatian masyarakat sebagaimana diatur dalam Pasal 31.b jo pasal 33 ayat A dan C Perkap Kapolri No 6 tahun 2019.

“Jadi klien kami telah mengadu kepada Polda Jabar lewat Dumas tentang permintaan perlindungan hukum, karena adanya dugaan diskriminasi hukum terhadap Suyono dalam proses penyelidikan dan penyidikan oleh pihak penyidik Polres Ciamis,” papar Zaenal Kamis (19/3) siang.

Diskriminasi itu, ungkap dia, antara lain saksi-saksi dari pihak Suyono tidak pernah dimintai keterangan.

“Termasuk tidak ada keterangan ahli, tidak ada olah TKP dan rekonstruksi serta tidak ada izin dari Gubernur untuk melakukan pemeriksaan beliau sebagai tersangka,” tukasnya.

Bahkan yang lebih mencedarai rasa keadilannya, lanjut dia, adalah Laporan Poliso (LP) Suyono terhadap terlapor mantan istrinya jalan ditempat alias tIdak berjalan.

“Hal itu, berbanding jauh dengan LP mantan istrinya yang Suyono sebagai terlapor prosesnya cepat sekali. Bahkan Suyono sudah ditetapkan sebaga tersangka,” tandasnya.

Untuk itu dalam sidang gelar khusus akan didengar semuanya pihak terkait.
“Maka kami ucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Kapolda Jabar yang telah merespon permasalahan ini agar rasa keadilan hukum dan objektifitas dapat diterima oleh warga,” ucapnya.

Saat Radar menghubungi Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Risqi Akbar, perihal penetapan Suyono sebagai tersangka melalui pesan WA sampai berita ini diturunkan belum memberikan jawaban.

(iman s rahman)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.