Tak Ranking 1 Tetap Bisa Jadi Kepala Dinas di Kota Banjar

151
0

BANJAR – Penilaian open bidding yang dilakukan panitia pelaksana kepada 27 pejabat tidak lantas menjadi dasar memenangi posisi kepala dinas. Ada hak prerogatif kepala daerah untuk menentukan siapa yang pantas menduduki kursi kepala dinas, meski hasil open bidding meraih ranking dua atau tiga.

Kepala daerah berhak memilih satu pejabat dari ranking satu sampai tiga menjadi kepala dinas. Artinya, pejabat yang meraih ranking kedua dan ketiga masih memiliki kesempatan terbuka menjadi kepala dinas.

“Semoga yang terbaik untuk semuanya,” terang Purkon, salah satu pelamar Kepala Dinas Pendidikan, Selasa (10/11).

Baca juga : SDN 1 Kota Banjar Uji Coba Belajar Tatap Muka

Dedi Suardi, pelamar kepala Dinas Pemuda Olahraga mengatakan jadi atau tidaknya menjadi kepala dinas diserahkan lagi ke kepala daerah meski sudah meraih ranking satu.

“Ikut open bidding memang sudah keharusan karena dari kepangkatan sudah memenuhi, proses tes dan wawancaranya juga lumayan berjalan baik. Ya itung-itung mencari pengalaman,” ujarnya.

Demikian juga diungkapkan Agus Muslih, yang meraih ranking satu di bursa calon kepala Inspektur Kota Banjar. “Open bidding alhamdulilah berjalan lancar,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) H Kaswad mengatakan hasil penilaian open bidding tidak menjadi patokan pejabat yang mendapat ranking pertama otomatis jadi kepala dinas. Kata dia, wali kota memiliki kewenangan untuk memilih pejabat dari ranking satu sampai tiga menjadi kepala dinas.

“Itu nilai akhir seleksi jabatan tinggi pratama, sudah diranking. Ranking 1 sampai 3 diserahkan ke wali kota untuk memilih menjadi calon kepala dinas. Setelah itu, baru dilaporkan ke Komisi ASN untuk mendapatkan rekomendasi. Setelah dapat rekomendasi baru dilantik. Wali kota memiliki kewenangan untuk memilih dari rangking 1 sampai dengan 3 untuk menjadi kepala dinas dari setiap OPD yang di-open bidding-kan,” katanya. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.