Tak Sesuai Anggaran, Pembangunan RSU Limbangan Garut Ditunda

148
0
Diskominfo untuk Rakyat Garut MENINJAU. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman bersama Dinas PUPR dan Dinas Kesehatan meninjau lokasi pembangunan rumah sakit Limbangan kemarin.

TAROGONG KALER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut batal membangun rumah sakit di wilayah Kecamatan Limbangan. Pembangunan rumah sakit sebelumnya direncanakan pada tahun 2020.

“Pembangunan rumah sakit di Limbangan terpaksa kami tunda karena lokasi dalam DED (detail enginering design) tidak sesuai dengan anggaran yang direncanakan,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman Selasa (4/2).

Baca juga : KH Atjeng Kembali Nakhodai NU Garut

Helmi mengatakan untuk pembangunan rumah sakit di Limbangan, Pemkab Garut mendapatkan bantuan dari Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 15 miliar. Anggaran tersebut untuk pembangunan seluruh fisiknya.

“Sekarang kita tunda karena di lokasi yang ada dalam DED, buat cut and fill (pengolahan lahan)-nya saja bisa menghabiskan anggaran sampai Rp 11 miliar. Kalau dipaksakan anggarannya tidak akan cukup,” kata dia.

Helmi menuturkan lokasi RS Limbangan dalam DED berada di Desa Limbangan Timur Kecamatan Limbangan dengan luas lahan 1,3 hektare. Lahan tersebut milik pemerintah daerah.
Namun, karena biaya pengolahan lahan terbilang besar.

Pihaknya pun akan memindahkan lokasinya ke lahan lain milik pemerintah daerah yang biaya pengolahan lahan lebih kecil. “Lokasinya akan kita pindahkan, masih ada lahan milik pemda, luasnya 5.000 meter, biaya cut and fill-nya Rp 1 miliar, paling tahun depan baru bisa dibangun,” paparnya.

Baca juga : Penyamak Kulit di Garut Makin Berkurang, Ini Penyebabnya

Sementara itu, kata dia, karena pembangunan RS Limbangan ditunda, Pemkab Garut akan segera komunikasi dengan pemerintah provinsi agar anggaran yang sudah ada dialihkan untuk pembelian alat kesehatan (alkes) rumah sakit di Kecamatan Malangbong.

“Rumah sakit di Malangbong bangunannya sudah ada. Tetapi alkesnya belum ada. Jadi belum dioperasikan,” ujarnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.