PAN-PKS Minta Pemilihan Wabup Sebelum Pemilu

23
Daud Ripai

SINGAPARNA – Calon wakil bupati (cawabup) yang diusulkan PAN-PKS, Deni R Sagara dan Tetep Abdulatip masuk daftar calon tetap (DCT) untuk DPR RI dan DPRD Jabar. Namun, mereka tidak akan mengganti kadernya untuk tetap mengisi jabatan wakil bupati.

“PAN belum terpikirkan untuk mengganti cawabup dengan kader yang tidak masuk DCT,” ujar Ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya, Daud Ripai saat dihubungi Radar, Jumat (15/3).

Kata Daud, soal adanya surat edaran dari Kemendagri, yang menyatakan cawabup tidak boleh masuk DCT harus dilakukan kajian lebih dalam. Karena, PAN dan PKS sudah sepakat untuk pengisian wakil bupati ingin sebelum Pemilu 2019.

“Soal cawabup kita yang masuk DCT, itu bisa diatur lagi mekanismenya. Misalnya pemilihan di DPRD dilaksanakan sebelum pemilu. Nanti, kalau pun calon kita terpilih jadi legislatif pada saat akan di lantik wakil bupati bisa langsung mengundurkan diri,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat ini, kata dia, PAN, PKS dan PDIP harus segera bertemu membahas soal ini. Sehingga bisa diputuskan apakah pengisian wakil bupati dilakukan sebelum atau sesudah pemilu.

Terpisah, Ketua DPD PKS Kabupaten Tasikmalaya, Dadi Supriadi menjelaskan pihaknya tetap mengharapkan pengisian wakil bupati dilaksanakan sebelum pemilu. Sedangkan untuk aturan bahwa cawabup tidak boleh masuk DCT belum kuat dan harus dilakukan kajian lebih dalam oleh DPRD. Apakah aturan tersebut mengikat atau seperti apa.

“Kalau pun calon kita sudah masuk DCT, ya menurut kita tinggal mundur saja dari pencalonan calegnya. Intinya, PKS tetap ingin secepatnya pengisian calon wakil bupati sebelum pemilu,” ungkapnya.

PKS, kata dia, tidak akan mengundurkan niatnya terus mengusulkan cawabup. Sebelum ada kesepakatan bersama partai pengusung soal waktu, apakah sesudah atau sebelum pemilu. “Aturan ini tidak harus menjadi hambatan,” tegasnya.

Saat dikonfirmasi Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya, H Demi Hamzah Rahadian SH MH terkait hal tersebut, melalui telepon selularnya belum memberikan jawaban. (dik)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.