Talangseng Garut Jadi Destinasi Wisata Baru

7893
0
DIKEMBANGKAN. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman meninjau irigasi Talangseng yang rencananya akan dikembangkan menjadi objek wisata baru. Diskominfo Garut untuk Rakyat Garut

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut berupaya mengembangkan objek wisata air di Garut.

Kali ini destinasi wisata air yang akan dikembangkan yakni saluran irigasi Talangseng yang membentang di dua wilayah, yakni Kecamatan Garut Kota dan Cilawu.

Baca juga : Ekajaya Barindo Garut Tambah Fasilitas Kursus Mengemudi Matic

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengatakan saluran irigasi Talangseng layak menjadi destinasi wisata air di Garut, karena memiliki keindahan alam yang bagus.

“Akses menuju lokasi juga dekat dengan pusat kota. Hanya butuh waktu 10 menit dari pusat kota,” ujar Helmi kepada wartawan, Selasa (30/6).

Menurut dia, objek wisata tersebut memang sudah dikenal masyarakat lokal Garut. Sehingga banyak masyarakat sudah banyak mengunjungi.

Helmi berharap dengan adanya pengembangan, wisatawan dari luar Garut bisa berkunjung. “Kita (pemkab, Red) sudah ada masterplan-nya, tinggal penataan saja,” ujarnya.

Meski nantinya ditata, kata dia, fungsi dari saluran irigasi tidak akan berubah, yakni untuk mengairi pesawahan warga.

“Fungsinya tidak akan berubah. Kita tata wilayahnya saja, supaya wisatawan banyak berkunjung,” ujarnya.

Selain itu, penataan wisata irigasi Talangseng juga tidak akan mengganggu area pesawahan petani di dua kecamatan.

Helmi berharap dengan adanya penataan, ekonomi warga di dua kecamatan terbantu seiring bertambahnya wisatawan.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut Hj Ir Luna Avriantini mengatakan pengembangan wisata irgasi Talangseng merupakan inisiasi Dinas PUPR.

Baca juga : Viral, Bangunan SD di Garut Diduga Dijual

Pihaknya ingin mengembangkan saluran irigasi ini menjadi objek wisata, karena kondisi alamnya mendukung dan masyarakatnya juga menginginkan.

“Alhamdulillah saat ini tertarik dengan salahsatu keindahan alam disekitar lokasi Talangseng ini, kemudian ada respon pimpinan terhadap aktivitas masyarakat untuk mendukung destinasi wisata irigasi ini,” ujarnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.